Cara Amankan Kartu Debit BCA dari e-Skimming Lewat Aplikasi, Segera Cegah Sebelum Dibobol

Cara Amankan Kartu Debit BCA dari e-Skimming Lewat Aplikasi, Segera Cegah Sebelum Dibobol

Ilustrasi. Cara amankan kartu debit BCA dari e-skimming lewat aplikasi-freepik-

RADAR TEGAL – Artikel ini memberikan cara amankan kartu debit BCA dari e-skimming lewat aplikasi BCA Mobile atau myBCA. Jangan sampai akun Anda dibobol oleh orang tidak bertanggung jawab.

Cara amankan kartu debit BCA dari e-skimming lewat aplikasi ini sangat mudah. Hal terpenting Anda harus memiliki aplikasinya yang sudah terpasang di smartphone.

Cara untuk amankan kartu debit BCA dari e-skimming lewat aplikasi ini untuk menghindari adanya peretasan dan pembobolan data sensitif di dalamnya. Sebab, seringkali ada oknum nakal yang memasang virus atau meretas akun seseorang untuk meraup keuntungan sendiri.

Berikut cara untuk amankan kartu debit BCA dari e-skimming lewat aplikasi. Ketahui juga apa itu e-skimming dan sejumlah modus serangannya.

Apa itu e-skimming?

Skimming merupakan penduplikasian data yang ada di kartu ATM seperti debit atau kredit. Cara ini dilakukan untuk memodifikasi perangkat dan juga memasang alat skimmer di mesin, yang digunakan untuk transaksi seperti ATM atau EDC.

BACA JUGA: Cara Bayar Pakai QRIS MyBCA agar Dapat Promo sampai 67 Persen

Sementara e-skimming merupakan tindakan mencuri data pada kartu kredit atau debit. Mulai dari data nama pemilik kartu, nomor kartu, nomor CVV, expire date, dan sebagainya yang dilakukan secara online.

Oknum nakal tersebut akan memasang virus pada perangkat pengguna atau menggunakan pihak ketiga, seperti e-commerce untuk melakukan hal ini. Berikut ini sejumlah metode yang sering mereka gunakan.

Metode e-skimming yang sering terjadi

1. Meretas perangkat pengguna

Saat pengguna melakukan pembayaran secara online, maka oknum bisa mencuri data sensitif pada kartu yang dimasukan di perangkat yang sudah mereka retas. Contoh yang sering dilakukan yaitu memasang virus pada perangkat smartphone atau komputer.

Biasanya ini diakibatkan karena pengguna asal memasang aplikasi di perangkatnya selain dari situs resmi Google Play Store atau App Store. Tentu virus atau malware ini bisa terselubung pada aplikasi tidak resmi tersebut.

BACA JUGA: Cara Pakai Paylater BCA yang Benar untuk Menghindari Galbay, Lakukan 3 Hal Ini Saja

Sumber: