5 Situs Candi Terkenal di Tegal, Ada yang Dari Abad 8 Masehi

5 Situs Candi Terkenal di Tegal, Ada yang Dari Abad 8 Masehi

situs candi terkenal di Tegal--

RADAR TEGAL - Berikut daftar situs candi terkenal di Tegal. Keberadaan candi-candi ini menyimpan nilai sejarah zaman dahulu.

Rangkuman dari situs candi terkenal di Tegal tersebut memiliki khas disetiap daerah dan corak yang beragam. Candi tersebut diklaim sebagai situs tertua yang berada di Tegal.

Diantara situs candi terkenal di Tegal, salah satunya sudah dijadikan museum sebagai pusat pariwisata belajar yang menceritakan tentang masa lalu, mengundang pengunjung untuk merenungi dan menghargai kejayaan sejarah Tegal.

Dengan mengetahui situs candi yang terkenal di Tegal, kalian bisa mengasumsikan bahwa keberadaan umat hindu sangat luas dengan penempuan candi dari setiap daerah. Simak penjelasannya.

BACA JUGA: Mengenal Desa Selapura Tegal, Tempat Wisata Edukasi dengan Sejarah Candi yang Unik

Berikut Situs Candi terkenal di Tegal 

1. Candi Kesuben

Terletak di desa Kesuben, kecamatan Lebaksiu. Dalam beberapa penelitian yang dilakukan oleh sekelompok arkeolog dan cagar budaya disebutkan bahwa Candi Kesuben merupakan candi peninggalan dari masa Hindu-Buddha.

Saya tidak tahu kapan candi ini dibangun. Keraguan diperkirakan bahwa Candi Kesuben merupakan candi periode Kerajaan Mataram Medhang yang dibangun pada abad ke-7. Candi ini dibangun dari batu bata merah.

2. Candi Bulus

Sekitar 5 kilometer sebelah barat Candi Kesuben terdapat sebuah candi bernama Candi Bulus. Pura Bulus terletak di Dusun Kejaksan, Desa Pedagangan, Kecamatan Dukuhwaru.

Situs ini berada di halaman belakang salah satu warga. Ada beberapa temuan di situs tersebut, antara lain yoni, penis, arca Agastya, dan struktur bata merah yang membentang dari timur laut ke barat daya. Diketahui candi Bulus memiliki ukuran 8,2 x 8,2 m2.

BACA JUGA: Menuyusuri Jejak Peradaban Candi Kesuben Tegal, Peninggalan Hindu Kuno di Lebaksiu Tegal

Hasil penelitian mendukung hipotesis bahwa Candi Bulus merupakan candi Hindu Syiwa yang terletak di Tegal (barat dan utara Jawa Tengah).

Sumber: