8 Tips Merawat Baterai Mobil Listrik agar Lebih Awet dan Tahan Lama

8 Tips Merawat Baterai Mobil Listrik agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Ilustrasi tips merawat baterai mobil listrik agar awet--

RADAR TEGAL - Kita akan membahas tips merawat baterai mobil listrik sebagai transisi teknologi masa depan. Penghematan energi dan efisiensi kendaraan. 

Mobil listrik semakin menjadi pilihan utama di Indonesia sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi polusi udara dan ketergantungan pada bahan bakar fosil. Namun, salah satu kekhawatiran utama pengguna mobil listrik adalah daya tahan baterai dan tips merawat baterai mobil listrik sangat diperlukan disini. 

Baterai merupakan salah satu komponen paling vital dan mahal pada mobil listrik, oleh karena itu, perawatan yang baik dan tips merawat baterai mobil listrik sangatlah penting untuk memperpanjang umur baterai dan menjaga performa mobil Anda.

Berikut ulasan tentang apa sih tips merawat baterai mobil listrik? pastikan simak artikel ini sampai akhir.

BACA JUGA: Biaya Servis Berkala Mobil Listrik Ramah ATM, Mulai dari Rp200 Ribuan

1. Jaga kapasitas baterai dalam rentang 20 hingga 80 persen

Merawat baterai mobil listrik seperti merawat baterai pada perangkat elektronik lainnya. Hindari penggunaan baterai hingga mencapai di bawah 20 persen dan batasi pengisian daya hingga maksimal 80 persen. Praktik ini membantu mengurangi Battery Cycle dari baterai, yang pada gilirannya akan meningkatkan daya tahan baterai secara keseluruhan.

2. Hindari penggunaan Fast Charging secara terus-menerus

Fast charging memang sangat praktis, namun penggunaan yang berlebihan dapat merusak baterai. Disarankan untuk menggunakan fast charging hanya saat diperlukan, seperti saat melakukan perjalanan jauh atau dalam situasi mendesak.

3. Rajin cek tekanan ban

Tekanan ban yang sesuai adalah faktor penting dalam efisiensi penggunaan baterai. Pastikan untuk rutin memeriksa tekanan ban mobil Anda untuk menjaga kinerja baterai. Tekanan yang tepat akan membantu mengoptimalkan performa mobil dan memperpanjang umur baterai.

4. Hindari suhu ekstrem

Suhu lingkungan juga berpengaruh pada kinerja baterai mobil listrik. Tips merawat baterai mobil listrik berikutnya ialah hindari memarkir mobil di tempat yang terkena sinar matahari berlebihan atau di daerah yang sangat dingin. 

BACA JUGA: Barisan Mobil Listrik Tahun 2024 Akan Meluncur di Indonesia

Sumber: