8 Cara Membersihkan Kulkas yang Benar, Nomor 4 Sering Dilupakan Orang

8 Cara Membersihkan Kulkas yang Benar, Nomor 4 Sering Dilupakan Orang

Cara membersihkan kulkas yang benar --

RADAR TEGAL -Penyebab kulkas bau ternyata berasal dari bakteri yang timbul karena jarang melakukan perawatan rutin. Oleh karena itu Anda mesti tahu cara membersihkan kulkas yang benar.

 

Dengan mengetahui cara membersihkan kulkas yang benar ini agar kebersihannya selalu terjaga. Jadi kulkas Anda tetap bersih dan bebas bau yang menyengat.

 

Namun ternyata membersihkan kulkas tidak asal sembarangan loh. Maka dari itu Anda mesti tahu cara membersihkan kulkas yang benar.

 

Nah berikut ini adalah cara membersihkan kulkas yang benar serta penjelasan selengkapnya. Simak selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 7 Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin, Ternyata Mudah Banget dan Tak Perlu Panggil Teknisi

1. Keluarkan isi semuanya dari kulkas Anda

 

Langkah pertama yang bisa Anda mulai dengan mengosongkan semua isi kulkas. Kemudian perhatikan dan cek jika ada makanan yang telah kedaluwarsa tanpa Anda sadari. Segera buang ke tempat sampah.

 

2. Bersihkan rak dan laci kulkas

 

Lepaskan rak pada kulkas dan sebelumnya siapkan ember dan isikan air hangat serta sabun cuci piring. Celupkan spons bersih ke dalam larutan tersebut dan gosok seluruh sisi rak dan laci hingga bersih.

 

Kemudian bilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa sabun yang masih menempel lalu keringkan dengan kain microfiber. 

 

3. Bersihkan bagian dalam kulkas

 

Campurkan cuka dan air hangat dengan perbandingan yang sama ke dalam botol semprot dan semprotkan ke seluruh permukaan interior dan diamkan selama beberapa menit sebelum dibersihkan dengan kain lembut. Setelah itu gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok kulkas hingga bersih.

BACA JUGA: Rekomendasi Kulkas Mini untuk Anak Kos, Harga Mulai Rp1 Jutaan Tetap Hemat Listrik

Kemudian gunakan spons basah untuk menghilangkan larutan pembersih lalu lap bagian dalamnya hingga kering dengan kain microfiber. Lalu pasang kembali rak dan laci ke kulkas seperti semula.

 

4. Bersihkan bagian luar kulkas

 

Kemudian bersihkan bagian luar kulkas dengan menggunakan kain microfiber yang sedikit lembab agar kotoran semuanya terangkat. Namun jika ada goresan yang tertinggal, semprot bagian luarnya dengan air dan cuka dengan perbandingan yang sama, lalu gosok dengan kain microfiber.

 

Lap bagian luar hingga kering setelah dibersihkan secara menyeluruh.

 

5. Bersihkan gasketnya

 

Gasket pada kulkas mengumpulkan cukup banyak kotoran, membersihkannya secara teratur adalah hal yang penting dilakukan untuk menjaga kulkas tetap bekerja dengan baik. Untuk membersihkannya campurkan air dan cuka dengan perbandingan yang sama.

 

Lalu celupkan kapas ke dan larutan dan usapkan di sepanjang gasket dan ulangi hingga bersih kemudian keringkan dengan kain microfiber.

BACA JUGA: Tips Cara Merawat Kulkas Saat Mati Lampu Panjang, Jangan Lakukan Hal ini Maka Bau Tak Sedap Pada Kulkas Hilang

6. Bersihkan kumparan 

 

Membersihkan kumparan pada kulkas ini hanya dilakukan 1 tahun sekali. Karena kumparan ini berfungsi menjaga suhu dingin pada kulkas.

 

Karena kumparan yang kotor dapat menyebabkan kulkas bekerja lebih keras sehingga menyebabkan tagihan listrik lebih tinggi atau kulkas Anda jadi cepat rusak.

 

7. Bersihkan bagian bawah kulkas

 

Cabut kabel kulkas Anda dari stop kontak dan jauhkan dari dinding kemudian sapu atau sedot debu pada bagian bawah kulkas. Lalu lap lantai dengan kain pel yang dibasahi dengan sabun khusus lantai dan lap kembali hingga kering. 

 

Posisikan kulkas ke posisi semula dan pasang kabel ke stop kontak kembali.

 

8. Kembalikan isi kulkas

 

Setelah semuanya dibersihkan Anda dapat mengembalikan isi kulkas yang tadi dikeluarkan. 

BACA JUGA: 12 Kesalahan dalam Menggunakan Kulkas yang Banyak Ditemui, Cek Apa Kamu Sering melakukannya?

Sebagai informasi tambahan, selain membersihkan kulkas Anda juga perlu menjaga kebersihan kulkas dengan cara berikut ini :

 

  • Bersihkan tumpahan apapun di kulkas segera

  • Buang semua makanan kadaluarsa saat mengisi kembali isi kulkas

  • Setiap kali Anda isi ulang makanan di dalam kulkas, cek area mana yang perlu dibersihkan.

 

Demikian pembahasan artikel cara membersihkan kulkas yang benar. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: