7 Cara Merawat Kulkas yang Benar, Dijamin Awet dan Tidak Mudah Rusak

7 Cara Merawat Kulkas yang Benar, Dijamin Awet dan Tidak Mudah Rusak

Cara merawat kulkas yang benar --Freepik

RADAR TEGAL - Kulkas saat ini banyak digunakan di setiap rumah karena berfungsi menjaga makanan maupun minuman agar tetap segar dan aman dikonsumsi. Supaya kulkas awet dan pendinginan tetap terjaga Anda mesti tahu cara merawat kulkas yang benar.

 

Dengan mengetahui cara merawat kulkas yang benar ini Anda mesti segera menerapkannya di rumah. Jadi tak perlu repot menggunakan jasa cleaning service maupun teknisi.

 

Lalu bagaimana cara merawat kulkas yang benar? Nah jika Anda masih bingung mesti simak pembahasan pada artikel ini hingga selesai.

 

Karena artikel ini akan membahas cara merawat kulkas yang benar. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

BACA JUGA:5 Kulkas Mini Super Dingin yang Bisa Bikin Es Batu, Hemat Ruang dengan Konsumsi Daya Kecil

1. Jangan lupa segera menutup kulkas

 

Hal ini terkadang dianggap sepele padahal jika membiarkan pintunya terbuka dalam waktu lama, kulkas akan kehilangan suhu dingin dan harus bekerja kerja untuk mendinginkannya kembali. Hal ini berarti konsumsi daya dan tagihan listrik lebih tinggi.

 

Setelah Anda menyimpan atau mengeluarkan sesuatu dari kulkas, tutuplah pintu segera dengan benar. Hal ini membantu kulkas dalam menjaga suhu dingin.

 

2. Selalu atur suhu yang benar 

 

Kemudian cara merawat kulkas yang benar yakni selalu atur suhu pada tingkat sedang atau normal. Sebaiknya Anda harus mengikuti buku panduan untuk rincian pengaturan suhu yang disarankan.

 

3. Susun rapi dan tutupi barang di kulkas dengan benar

 

Anda harus menutup barang- barang di dalam kulkas dan susunlah dengan rapi. Usahakan untuk menyimpan makanan dan barang lainnya di dalam wadah plastik dengan menutupnya yang rapat. Hal ini membantu meminimalkan kelembaban di dalam kulkas dan mencegah bau yang tidak sedap.

BACA JUGA: 12 Kesalahan dalam Menggunakan Kulkas yang Banyak Ditemui, Cek Apa Kamu Sering melakukannya?

4. Kosongkan akumulasi es di defrost freezer 

 

Hal penting yang mesti Anda lakukan saat kulkas ada es yang menumpuk di dalam freezer alangkah baiknya segera untuk mencairkannya secara teratur karena jika tidak dilakukan dapat menyebabkan pemborosan listrik. Mencairkan es pada kulkas mungkin memakan waktu memakan waktu lebih dari satu jam, jadi sebaiknya lakukan saat akhir pekan atau saat Anda memiliki banyak waktu luang.

 

5. Hindari meletakkan kulkas terlalu dekat dengan dinding

 

Jangan letakkan kulkas terlalu dekat dengan dinding. Jadi yang benar meletakkan kulkas dengan jarak minimal satu inci antara kulkas dengan dinding. 

 

Karena celah ini membantu kulkas mengeluarkan panas yang dihasilkan selama proses pendinginan dan menjaga unit tetap bekerja secara efisien.

 

6. Bersihkan kulkas setiap beberapa hari sekali

 

Membersihkan kulkas secara rutin ini dapat membantu unit tetap awet dalam jangka panjang dan bisa bekerja secara efisien. Anda harus membersihkan bagian luar dan dalam kulkas menggunakan kain lembut maupun lembab.

 

Jangan lupa untuk membersihkan gasket pintu kulkas agar tetap dalam kondisi baik. Dengan membersihkan kulkas secara rutin juga dapat mencegah bau yang tidak sedap.

BACA JUGA: Rekomendasi 5 Kulkas Murah Terbaik dan Hemat Listrik, Minim Budget dengan Kapasitas 608 Liter

7. Bersihkan kumparan kondensor kulkas

 

Seperti kita ketahui kondensor yang berfungsi melepaskan suhu panas selama proses pendinginan, biasanya ditempatkan di bagian belakang bawah. Seiring waktu kotoran dapat menutupi kumparan tersebut dan jika hal sebut terjadi maka suhu panas tidak bisa melepaskan secara efisien dan pendingin menjadi berkurang.

 

Biasanya untuk membersihkan kondensor kulkas dengan melepas kabel daya dari stopkontak, melepas beberapa sekrup dari belakang. Kemudian gunakan alat khusus pembersih kondensor atau penyedot debu untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada pipa kondensor.

 

Akan tetapi alangkah baiknya ini dilakukan oleh teknisi profesional daripada melakukan sendiri takutnya terjadi kerusakan lebih fatal.

 

Itulah beberapa cara merawat kulkas yang benar. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. (*)

Sumber: