DPU Apresiasi Pembuatan Jembatan Gantung di Brebes

DPU Apresiasi Pembuatan Jembatan Gantung di Brebes

Pembangunan jembatan gantung di Brebes--

RADAR TEGAL - Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Brebes, Sutaryono menyampaikan aspirasi terkait pembuatan jembatan gantung di Dusun Wadasgumantung-Dukuh Satir, Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes pada Minggu 11 Februari 2024. Pembuatan jembatan gantung itu dilakukan oleh warga dan TNI dari Kodim 0173 Brebes.

Menurut Sutaryono, Pemkab Brebes mendukung pembuatan jembatan gantung di Brebes. Serta merupakan cita-cita mulia ide dari Dandim 0713 Brebes Letkol Inf. Sapto Broto. 

"Terima kasih Pa Dandim yang telah menginisiasi pembuatan jembatan gantung di Brebes. Semoga rencana ini cepat terbentang sehingga masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam menyebrang," ujarnya.

Dia menyebutkan, Jembatan Gantung di Dukuh Satir dan Dukuh Wadas Gumantung Brebes itu memiliki panjang hingga 70 meter. Intinya pembuatan dari pengecoran titik lubang tiang pancang Jembatan Gantung harus kuat.

BACA JUGA: Jembatan Gantung Perbatasan Tegal-Pemalang Memprihatinkan, Kades Banjaragung Minta Segera Diperbaiki

Sementara Kepala Desa Kutamendala Fathuri mengungkapkan, Jembatan Wadasgumantung pernah roboh pada 2017 lalu. Pihak desa bersama masyarakat serta Pemkab Brebes pernah membuat jembatan darurat sebanyak 3 kali.

"Namun kesemuanya lenyap terbawa arus Sungai Glagah yang deras. Akibat ambruknya jembatan selama ini ada 270 KK atau 1.000 jiwa yang terisolir hingga menganggu perekonomian warga dan anak sekolah," ucapnya.

Diakuinya, jika debit air Sungai Glagah meningkat, akses masyarakat terganggu. Namun, jika debit air surut, anak-anak sekolah maupun warga yang beraktivitas harus menyebrangi sungai. 

"Namun, bila banjir terpaksa anak-anak tidak berangkat ke sekolah," ucapnya.

BACA JUGA: Kondisi Jembatan Gantung Banjaragung Tegal Memprihatinkan, Begini Penjelasan Komisi III DPRD

Dandim Brebes Letkol Inf.Sapto menjelaskan, melalui program Gerakan Tangan Tuhan Menuju Brebes Berhias, pihaknya bersama Pemkab membantu membangun Jembatan Gantung. Ini sebagai upaya untuk membantu kesulitan yang dialami masyarakat di desa setempat. 

"Pembuatannya ini sudah mencapai tahap pengecoran lubang untuk tiang pancang. Harapannya nanti bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga yang terisolir,' pungkasnya.

Demikian informasi terkait pembangunan jembatan gantung di Brebes. Jembatan tersebut sebelumnya pernah ambruk pada 2017 lalu. (*)

Sumber: