Mudah, Begini Cara Membersihkan AC Dinding Sendiri di Rumah Cukup Simak Langkah-langkah Berikut Ini

Mudah, Begini Cara Membersihkan AC Dinding Sendiri di Rumah Cukup Simak Langkah-langkah Berikut Ini

Ilustrasi cara membersihkan AC dinding sendiri di rumah dengan mudah.-(Foto: Tangkapan Layar/Pexels).-

RADAR TEGAL - Inilah cara membersihkan AC dinding sendiri di rumah yang bisa Anda lakukan dengan mudah tanpa harus sewa orang lain untuk melakukannya atau bisa lebih menghemat.

Dengan mengetahui cara membersihkan AC dinding sendiri di rumah, Anda dapat selalu menjaga pendingin ruangan agar tetap awet tanpa harus bolak balik servis.

Lalu, bagaimana cara membersihkan AC dinding sendiri di rumah ini? Mari ikuti ulasan yang telah kami rangkum, simak langkah-langkahnya sampai akhir artikel agar tidak ketinggalan.

Apakah Anda merasa AC di rumah Anda perlu dibersihkan tetapi enggan memanggil teknisi? Jangan khawatir, membersihkan AC dinding sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, asalkan mengetahui caranya.

BACA JUGA:Cara Cepat Mendingikan AC yang Baik dan Benar, Ikuti Langkahnya Biar Perangkat Pendingin Awet Tahan Lama

Mari kita simak cara yang benar dan efektif untuk membersihkan AC dinding di rumah Anda dan ikuti langkahnya berikut ini:



1. Periksa Listrik dan Persiapkan Perlindungan Diri

Langkah pertama yang mutlak dilakukan sebelum membersihkan AC adalah memastikan aliran listrik pada AC terputus sepenuhnya.

Jangan lupa untuk mencabut colokan listriknya agar tidak ada risiko kejadian yang tidak diinginkan selama proses pembersihan.

Menggunakan sarung tangan, masker, dan pelindung mata juga disarankan untuk melindungi diri Anda dari debu, kotoran, dan serpihan tajam yang mungkin ada pada unit AC.

BACA JUGA:Apa Perbedaan AC Split dan AC Inverter? Inilah Beberapa Poin yang Membedakannya

2. Mulai dari Bagian Indoor AC

AC split umumnya terdiri dari dua bagian utama, yakni indoor dan outdoor. Mulailah pembersihan dengan fokus pada bagian indoor terlebih dahulu.

Gunakan kemoceng atau lap kain bersih untuk membersihkan bagian penutupnya dari debu dan kotoran. Jika perlu, Anda bisa menggunakan cairan disinfektan untuk membunuh bakteri dan jamur yang mungkin menempel pada permukaannya.

3. Bersihkan Filter Udara dengan Hat-hati

Salah satu komponen yang perlu diperhatikan saat membersihkan AC adalah filter udara. Filter ini cenderung menumpuk debu dan kotoran dari udara seiring waktu penggunaan.

Pastikan untuk melepas filter dengan hati-hati sesuai petunjuk manual penggunaan AC. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran dari filter, lalu bersihkan dengan kuas untuk menghilangkan noda yang membandel.

BACA JUGA:Perangkat Sering Rusak? Ini Dia 4 Tips Merawat AC yang Benar Agar Tetap Awet dan Selalu Dingin

Jika perlu, cuci filter dengan air bersih dan pastikan benar-benar kering sebelum dipasang kembali. Ikuti cara ini dengan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal.



4. Perhatikan Evaporator dengan Seksama

Evaporator adalah komponen penting lainnya yang perlu dibersihkan secara berkala. Sebelum membersihkannya, pastikan Anda menutupi lantai di sekitarnya untuk menghindari genangan air.

Gunakan kain lap untuk menampung air yang menetes dari evaporator. Gunakan cairan pembersih khusus dan semprotkan ke bilah evaporator dengan hati-hati.

Pastikan untuk tidak merusak komponen ini yang biasanya tidak dapat dilepas dari unit AC. Komponen ini sangat penting untuk diperhatikan.

BACA JUGA:Keunggulan dan Spesifikasi AC Portabel SHARP PJ-A36TY-W Murah 1 Jutaan, Udara Sejuk dan Awet

5. Lakukan Pembersihan pada Bagian Outdoor dengan Teliti

Setelah selesai dengan bagian indoor, giliran bagian outdoor AC untuk dibersihkan. Gunakan sikat gigi atau kuas untuk membersihkan debu dan kotoran dari bagian luar unit AC.

Anda juga bisa menggunakan air untuk membilas bagian eksternal unit AC, terutama jika terdapat kotoran yang sulit dihilangkan. Pastikan untuk menyemprotkan air ke arah yang benar, menghindari bagian-bagian yang sensitif seperti kompresor.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membersihkan AC dinding sendiri dengan mudah dan efektif. Pastikan untuk melakukan pembersihan secara berkala agar AC tetap berfungsi optimal dan udara di rumah Anda tetap bersih dan segar.

BACA JUGA:Spesifikasi AC Portabel Sharp Air Cooler PJ-A55TY Harga 1 Jutaan Garansi 12 Bulan, Inilah Keunggulannya

Demikian cara membersihkan AC dinding sendiri di rumah dengan mudah yang telah kami rangkum, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu menjaga kesehatan perangkat pendingin Anda agar tetap awet.(*)

Sumber: