5 Perbedaan Air Cooler dan Air Purifier, Manakah yang Lebih Unggul?

5 Perbedaan Air Cooler dan Air Purifier, Manakah yang Lebih Unggul?

Perbedaan air cooler dan air purifier --

RADAR TEGAL - Selain AC dinding, saat ini banyak masyarakat beralih menggunakan air cooler maupun air purifier. Lalu apa saja perbedaan air cooler dan air purifier ini?

 

Untuk mengetahui jawabannya, Anda mesti membaca artikel ini sampai habis. Karena di dalam artikel ini akan membahas perbedaan air cooler dan air purifier supaya Anda tak bingung lagi.

 

Ketika Anda sudah paham perbedaan air cooler dan air purifier, pastinya jadi lebih mudah memilih perangkat sebelum membelinya. Karena memang penting mencari informasi terlebih dahulu supaya nanti tidak menyesal di kemudian hari.

 

Nah berikut ini adalah perbedaan air cooler dan air purifier. Manakah yang lebih unggul dari keduanya? Simak selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Ternyata Sangat Mudah, Begini Cara Agar Air Cooler Dingin seperti AC

Perbedaan air cooler dan air purifier

 

1. Pengertian Keduanya

 

Perbedaan air cooler dan air purifier yang pertama, tentu saja pada pengertiannya. Air cooler adalah perangkat elektronik yang memiliki dua fungsi, yaitu sebagai kipas angin dan pendingin ruangan. Cara kerjanya menggunakan air, es batu atau ice gel untuk membangkitkan suhu dingin yang kemudian akan dihembuskan melalui kipas.

 

Sedangkan air purifier adalah sebuah perangkat portable yang merupakan kombinasi dari penyaring internal dan kipas. Menariknya perangkat ini bisa menghilangkan debu, bulu hewan peliharaan, maupun kotoran lainnya. Pastinya udara lebih bersih dan mengurangi potensi alergi atau iritasi.

 

2. Daya listrik

 

Air cooler di sini lebih unggul karena hanya membutuhkan daya listrik 60-100 Watt saja dan tentunya bisa hemat pengeluaran biaya listrik per bulannya. Sedangkan air purifier lebih boros di kantong karena butuh daya listrik sebesar 50-200 Watt.

 

3. Perawatan

 

Kemudian perbedaan air cooler dan air purifier ini dari segi perawatannya. Kalau air cooler ini lebih mudah perawatannya dan Anda bisa membersihkan sendiri di rumah tanpa perlu menggunakan jasa tenaga profesional.

 

BACA JUGA: 4 Merek Air Cooler Low Watt yang Cocok untuk Ruangan Besar, Suhu Dinginnya Mirip AC Biasa

 

Cara perawatannya cukup mudah yakni tinggal lap bagian yang kotor dengan kain yang lembut. Kemudian kuras tangki air supaya tidak timbul jamur lalu ganti airnya yang bersih.

 

Untuk air purifier cara perawatannya lebih sulit. Terutama pada bagian yang menggunakan sinar violet di dalamnya. Untuk menghindari kerusakan pada unit alangkah baiknya Anda meminta bantuan untuk membersihkannya ke tenaga ahli profesional.

 

4. Cara Kerja

 

Lalu cara kerja antara air cooler dan air purifier sudah pasti memiliki perbedaan yah. Kalau air cooler ini bekerja seperti kipas angin tetapi bedanya perangkat ini perlu diisi air atau es batu untuk mengeluarkan suhu udara dingin.

 

Sedangkan air purifier bekerja lebih kompleks dan perangkat ini menggunakan kipas internal yang menarik masuk udara melalui penyaring. Karena terdapat filter yang menangkap beberapa polutan dari udara yang masuk. Lalu penyaring ini mengeluarkan udara yang tadi ke dalam ruangan.

 

BACA JUGA: Kenali Perbedaan AC Portable dengan Air Cooler, Memilih Tak Pakai Bimbang Lagi

 

5. Menangkap Asap

 

Lalu yang terakhir perbedaan air cooler dan air purifier yakni dari paparan asap. Ketika ada seseorang yang sedang merokok kemudian kita menghirup asap rokok tersebut tanpa sadar langsung batuk atau bersin.

 

Nah Anda harus pahami kalau air purifier bisa menyedot asap rokok ke dalam perangkat dan menjernihkannya kembali dan menjadi udara yang bersih. Berbeda dengan air cooler yang bersifat sebaliknya. Perangkat ini justru menyedot asap rokok dan asap terhembus ke seluruh bagian ruangan.

 

Nah bagaimana sudah paham dan jelas kan perbedaan air cooler dan air purifier. Lalu menurutmu manakah yang lebih unggul untuk dibeli? (*)

Sumber: