Ternyata Sangat Mudah, Begini Cara Agar Air Cooler Dingin seperti AC

Ternyata Sangat Mudah, Begini Cara Agar Air Cooler Dingin seperti AC

Ini cara agar air cooler dingin seperti AC --

RADAR TEGAL - Meskipun air cooler ini ukurannya lebih kecil dan tidak bisa mendinginkan suhu di ruangan yang lebar tapi bisa loh agar dinginnya seperti AC. Ini dia cara agar air cooler dingin seperti AC yang mesti Anda ketahui.

 

Jadi Anda tidak perlu repot-repot langsung beli AC untuk mendinginkan suhu ruangan, air cooler juga bisa jadi alternatif tepat mengatasi hal itu. Apalagi jika tahu cara agar air cooler dingin seperti AC, pastinya jadi hemat biaya deh tanpa perlu membeli AC.

 

Cara agar air cooler dingin seperti AC ini ternyata mudah banget loh. Anda cukup mengikuti saran- saran pada artikel ini dijamin berhasil deh.

 

Berikut ini cara agar air cooler dingin seperti AC yang mesti Anda praktekkan di rumah :

BACA JUGA: 7 Perbedaan Air Cooler dan AC yang Mesti Anda Ketahui Sebelum Beli, Mana yang Lebih Worth It?

1. Pastikan Ventilasi Ruangan Memadai

 

Tidak seperti AC, air cooler bekerja paling efektif di area yang berventilasi baik. Hal ini agar aliran udara yang dihasilkan dari air cooler tetap stabil dan kelembaban suhu ruangan tetap stabil.

 

2. Penempatan yang Tepat

 

Air cooler berfungsi berdasarkan prinsip pendingin evaporatif yang artinya semakin banyak udara panas yang masuk, semakin cepat penguapannya sehingga menghasilkan udara lebih dingin. Posisikan air cooler Anda di dekat jendela, sehingga mendapatkan pasokan udara segar.

 

3. Pastikan Air Terpenuhi 

 

Seperti namanya air cooler bekerja menggunakan air dan udara. Agar unit dingin seperti AC pastikan air mencukupi, karena untuk menjalankan air cooler ini membutuhkan banyak air.

 

Jika air mencukupi maka air cooler akan bekerja dengan optimal sekaligus bisa mendinginkan suhu ruangan lebih lama.

 

BACA JUGA: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Air Cooler Beserta Daftar Air Cooler Terbaik!

 

4. Tambahkan Ice Pack

 

Agar air cooler dingin seperti AC disarankan untuk menambahkan ice pack yang telah dibekukan di freezer terlebih dahulu dan masukkan di dalam tangki air air cooler. Saat Anda menyalakan air cooler maka menghasilkan udara lebih dingin.

5. Bersihkan Air Cooler secara Rutin

Air cooler juga perlu dilakukan perawatan secara rutin agar bekerja tetap baik dan udara yang dihasilkan tetap stabil. Caranya mudah yakni lepas bagian belakang penutup air cooler secara perlahan dan menyeka bagian yang berdebu.

 

Kemudian lepaskan cooling pads dan bersihkan debu yang menyebabkan air cooler tidak dingin. Berikutnya kuras tangki air dan cuci bersih menggunakan sabun cuci piring dan bilas hingga bersih, lalu rakit kembali air cooler secara benar.

 

Itulah cara agar air cooler dingin seperti AC yang bisa Anda praktekkan di rumah. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: