Cara Membersihkan Air Cooler yang Benar, Ikuti Langkahnya agar Alat Tidak Cepat Rusak

Cara Membersihkan Air Cooler yang Benar, Ikuti Langkahnya agar Alat Tidak Cepat Rusak

Berikut ini cara membersihkan air cooler --

RADAR TEGAL- Air cooler saat ini menjadi salah satu piranti yang penting dimiliki setiap rumah. Agar lebih awet dan tidak cepat rusak, tentunya air cooler juga perlu dirawat. Salah satunya dengan menerapkan cara membersihkan air cooler juga tepat.

Cara membersihkan air cooler ini bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu memanggil teknisi untuk membersihkannya. Tentunya ini bisa menghemat biaya.

Sebelumnya Anda mesti tahu terlebih dahulu cara membersihkan air cooler yang benar. Anda harus mengikuti langkah-langkahnya agar alat tersebut tidak rusak dan tetap bisa bekerja dengan baik.

Berikut ini adalah cara membersihkan air cooler yang benar. Simak langkah-langkahnya yah.

BACA JUGA: Kenali Perbedaan AC Portable dengan Air Cooler, Memilih Tak Pakai Bimbang Lagi

Cara membersihkan air cooler yang benar

1. Bongkar bagian penutup air cooler

Cara membersihkan air cooler yang pertama adalah melepas bagian penutup belakang dengan menggunakan obeng untuk melepas sekrup yang ada. Selanjutnya lepas perlahan bagian penutup dan jika banyak debu alangkah baiknya bersihkan menggunakan kuas hingga bersih.

2. Lepaskan filter dan bersihkan

Selanjutnya adalah lepaskan filter dari air cooler kemudian bersihkan dengan menggunakan air mengalir dan pastikan Anda membersihkannya secara merata bagian sudut juga perlu diperhatikan. Jika terdapat debu yang sulit dibersihkan, cobalah filter direndam menggunakan sabun cuci piring selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

3. Bersihkan tangki air

Kemudian kuras air dari tangki dan bersihkan tangki air menggunakan sabun cuci piring dan gosok menggunakan spons secara perlahan agar kotoran semua hilang. Kemudian siram dengan air bersih dan diamkan hingga tangki air kering dengan sendirinya.

4. Bersihkan bagian luar air cooler

Jika kita lihat air cooler ini berbentuk tabung dan memiliki lubang-lubang ventilasi tentunya wajib dibersihkan juga dengan cara menyikat menggunakan kuas kering sampai debunya hilang, lalu bersihkan juga setiap sudutnya.

Sumber: