Kelebihan dan Kekurangan Google TV, Televisi Pintar dengan Fitur yang Lebih Canggih

Kelebihan dan Kekurangan Google TV, Televisi Pintar dengan Fitur yang Lebih Canggih

Kelebihan dan kekurangan Google TV--

RADAR TEGAL - Google TV menjadi jenis televisi entry level yang memberikan fitur lebih menarik dibanding dengan jenis televisi lainnya. Ini kelebihan dan kekurangan Google TV.

Kelebihan dan kekurangan Google TV dapat memberikan Anda pertimbangan sebelum membeli televisi. TV ini hadir dengan fitur menarik yang lebih canggih sehingga akan membuat nyaman penggunanya.

Kelebihan dan kekurangan Google TV menjadi pertimbangan bagi Anda yang pastinya masih bingung apakah ingin membeli TV jenis ini atau tidak. Google TV memang dibekali dengan sistem operasi yang awalnya dikembangkan oleh Google.

Nah berikut kelebihan dan kekurangan Google TV yang bisa Anda lihat. Simak artikel ini sampai akhir untuk informasi selengkapnya.

BACA JUGA: Deretan Smart TV Terjangkau Tanpa Set Top Box, Harga Mulai 1 Jutaan

Kelebihan dan kekurangan Google TV

Google TV merupakan platform TV pintar yang awalnya dikembangkan oleh Google. OS didasarkan pada sistem operasi Android dan telah menjadi sumber terbuka sejak 2013.

Awalnya dirancang untuk berjalan di TV pintar dengan fitur yang terintegrasi dengan lebih banyak layanan seperti Netflix, Hulu Plus, YouTube, dan Pandora. Google TV merilis perangkat pertamanya pada tahun 2010.

Awalnya, TV ini dijual dengan harga yang lumayan tinggi yaitu sekitar 300$ per unit. Atau jika dirupiahkan sekitar 4,6 jutaan.

Namun yang menarik, Google TV menawarkan berbagai fitur unik kepada pengguna yang membuat pengalaman menonton mereka lebih nyaman dan menyenangkan daripada sebelumnya. Platform ini memungkinkan mereka mengakses konten langsung dari sumber over-the-air seperti ABC atau NBC, serta streaming video dari layanan populer seperti Netflix dan Hulu Plus.

BACA JUGA: Spesifikasi TV LED AQUA 40AQT8550 Layar 40 Inch Harga Rp3 Jutaan Resolusi Full HD, Cek Selengkapnya

Selain itu, fitur "Google Cast" memungkinkan pengguna untuk melihat konten di perangkat lain seperti smartphone atau tablet dengan menyambungkannya ke sambungan kabel tunggal melalui teknologi Miracast yang memungkinkan menghubukan ponsel dengan TV.

Kelebihan Google TV:

  • Cuma menggunakan 1 remot untuk mengoperasikannya.
  • Dibekali sistem kecerdasan buatan dengan algoritma yang baik, sehingga penonton akan mendapat rekomendasi tontonan sesuai dengan apa yang mungkin disukai.
  • Dibekali Google Assistant yang dapat membantu penonton untuk mengontrol televisi hanya dengan suara.
  • Terdapat berbagai merek televisi yang dapat mendukung sistem Google, sehingga tidak terbatas pada satu merek saja.
  • Teknologi pada TV ini akan terus melakukan adaptasi dan penyesuaian kepada penggunanya, sehingga pengguna merasakan konten yang semakin relevan dengannya.

Kekurangan Google TV:

  • Belum tersedia di semua negara.
  • Beberapa konten terbatas di regional-regional tertentu, sehingga terdapat konten yang tidak dapat diakses di negara tertentu.
  • Memiliki harga yang relatif lebih tinggi daripada televisi biasa yang tanpa terintegrasi dengan Google.
  • Aplikasi yang terbatas karena tidak mempunyai layanan Google Play Store.
  • Tidak sesuai untuk semua kalangan umur karena sulit pengoperasiannya.
  • Sering mengumpulkan data dari penonton karena terdapat sistem AI. Jadi, bagi sebagian orang hal tersebut dapat mengganggu privasi.

BACA JUGA: Harga Sama Murahnya, TV Android TCL A9 Series Dibekali Teknologi Layar Lebih Canggih Dibanding Pendahulunya

Sumber: