1.570 Surat Suara Pemilu 2024 Rusak Ditemukan PPK Bumiayu Brebes, Terbanyak DPRD Provinsi

1.570 Surat Suara Pemilu 2024 Rusak Ditemukan PPK Bumiayu Brebes, Terbanyak DPRD Provinsi

SURAT SUARA- Petugas melakukan proses penyortiran dan pelipatan (Sorlip) surat suara Pemilu 2024 yang akan dipergunakan dalam pelaksanaan pemilu nanti.-TEGUH SUPRIYANTO-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Sebanyak 1.570 surat suara Pemilu 2024 rusak ditemukan PPK Bumiayu Brebes, Rabu 17 Januari 2023. Kerusakan tersebut diketahui saat proses sortir dan lipat (Sorlip). 

Surat suara Pemilu 2024 rusak terjadi mulai dari kertas suara DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI dan Presiden. Rinciannya, DPRD Kabupaten sebanyak 337 surat suara, DPRD Provinsi sebanyak 595 surat suara, DPR RI ada 378 surat suara dan DPD RI terdapat 260 surat suara.

"Setelah dilaporkan, selanjutnya dilakukan penggantian dari KPU Brebes," kata Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bumiayu Nugroho sekaligus menyampaikan adanya kerusakan surat suara Pemilu 2024 yang telah dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes.

Kondisi kerusakan kertas surat suara Pemilu 2024 berupa sobek, gambar buram dan ada noda pada kertas suara. Pelaksanaan sorlip surat suara lanjut Nugrogo, melibatkan relawan dari masing masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di desa-desa.

BACA JUGA: Tinjau Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024, Ini yang Disampaikan Pj Bupati Tegal

"Dengan 15 desa Kecamatan Bumiayu, dibagi masing-masing satu kelompok, di mana tiap kelompoknya terdiri 10 relawan untuk membantu proses Sorlip," terangnya.

Sementara, Gagah Aditya W, petugas PPK Kecamatan Bumiayu menambahkan, proses Sorlip surat suara Pemilu 2024 untuk wilayah Kecamatan Bumiayu hampir dirampungkan pada hari ke lima kemarin.

"Sudah hampir 100 persen selesai, selanjutnya dilakukan packing per kotak suara," kata Gagah.

Adapun logistik yang nantinya akan dipergunakan dalam Pemilu 2024 telah diterima oleh PPK Bumiayu diantaranya adalah kotak suara beserta perlengkapan pencoblosan, surat suara Pemilu 2024 maupun bilik suara.

BACA JUGA: Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024 di Tegal Mulai Dilakukan, Hari Pertama Petugas Temukan Ini

"Saat ini kita tinggal menunggu berkas lain yang dipergunakan untuk perhitungan, seperti formulir maupun plano," pungkasnya. (*)

Sumber: