Pj Bupati Pantau Pelaksanaan Sub PIN Polio

Pj Bupati Pantau Pelaksanaan Sub PIN Polio

Pj Bupati Pantau pelaksanaan Sub PIN di Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Penjabat (Pj) Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar meninjau pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio meninjau pos vaksinasi, Rabu 17 Januari 2024. Penijauan itu untuk memastikan pelaksanaan pemberian vaksin polio berjalan lancar.

Sedikitnya ada tiga pos vaksinasi yang ditinjau oleh Pj Bupati Brebes. Yakni, di PAUD Harapan Umat Brebes, SDIT Harapan Umat Brebes dan Posyandu Empat Sekawan Kelurahan Limbangan Wetan, Brebes. 

"Alhamdulillah, vaksinasi berjalan lancar dan antusias warga sangat tinggi, juga anak-anak yang akan di vaksin tidak ketakutan," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati juga mengingatkan anak-anak untuk menjaga kesehatan dan kebersihan. Dalah satunya menggunting kuku dan menjaga pola makan yaitu empat sehat lima sempurna. Apa yang disampaikan oleh ibu bapa guru juga harus didengarkan dengan baik. 

BACA JUGA: Kawal Pemberian Vaksin Polio, Dinas Pendidikan Kota Tegal Turun Langsung ke Sekolah

Dia menjelaskan, Kegiatan Sub PIN Polio tahap 1 dimulai sejak 15-26 Januari 2024. Sedangkan tahap kedua pada 19 -28 Februari 2024.

Sub PIN Polio merupakan langkah yang diambil pemerintah sebagai salah satu upaya dalam pencegahan terhadap kejadian luar biasa (KLB) polio. Langkah ini diambil melihat adanya temuan kasus polio yang ada di beberapa wilayah yang ada di Indonesia. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati menuturkan, PIN Polio mengacu pada Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor IM.02.03/Menkes/1051/2023. Vaksinasi PIN Polio di Kabupaten Brebes target sasaran sebanyak 212.547 anak.

Menurutnya, hingga 17 Januari 2024 sudah tervaksin sebanyak 4.168 anak. Dengan rentang usia 0 hingga 7 tahun 11 bulan.

BACA JUGA: Dinkes Brebes Mulai Lakukan Pemberian Vaksin Polio

"Sub Vaksin Polio ini hanya Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kabupaten Sleman," ucapnya.

Demikian informasi terkait pelaksanaan pemberian vaksin Polio di Kabupaten Brebes. Bagi yang memiliki anak di usia tersebut, pastikan mendapatkan vaksin secara tepat.(*)

Sumber: