Dosen IBN Tegal Dilatih Penulisan Karya Ilmiah Guna Tingkatkan Kapasitas

Dosen IBN Tegal Dilatih Penulisan Karya Ilmiah Guna Tingkatkan Kapasitas

PELATIHAN - Sejumlah dosen FITK IBN Tegal foto bersama usai mengikuti pelatihan Penulisan Karya Ilmiah berbasis luaran (Jurnal Ilmiah) di Semarang, Kamis (11/1)--

RADAR TEGAL - Puluhan dosen Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal mengikuti pelatihan Penulisan Karya Ilmiah berbasis luaran (Jurnal Ilmiah) yang dipusatkan di wisata Umbul Sidomukti Ungaran Semarang. Kegiatan bertajuk Capacity Building digelar pada Kamis 11 Januari 2024.

Tujuan kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah itu tidak lain dan tidak bukan untuk meningkatkan kapasitas pada dosen tersebut. Setidaknya ada 28 orang yang ambil bagian dalam pelatihan itu.

Ketua Panitia pelatihan penulisan karya ilmiah, Syamsul Falah mengatakan kegiatan tersebut diikuti para dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IBN Tegal. Dengan menghadirkan narasumber Ma'as Shobirin Peneliti dari Kampus Universitas Wahid Hasyim Semarang.

"Kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah ini, merupakan bagian dari program kerja dekan bersama Kaprodi. Yang telah direncanakan pada awal tahun akademik," kata Syamsul Falah yang juga Kaprodi PGMI IBN Tegal.

BACA JUGA: Gelar Workshop Terkait Penelitian, IBN Tegal Sengaja 'Provokasi' Dosennya

Menurut Samsul, dalam pelatihan itu, para peserta sebanyak 28 dosen ini membedah isu-isu yang menarik. Untuk kemudian dilakukan penelitian dan mempublikasikan melalui Jurnal Ilmiah sebagai luarannya.

"Para dosen diminta memperbanyak tulisannya dan nantinya bisa dilihat produktifitas dosen melalui Google Schoolar. Narasumber juga menyarankan akan pentingnya bagi Dosen untuk meluangkan waktunya minimal 15 - 20 menit setiap harinya untuk menulis,"kata Syamsul Falah.

Dekan FITK IBN Tegal Moh. Shobirin mengatakan yang sangat urgen untuk menjadi landasan penilaian di akreditasi, biasanya soal tulisan dosen di jurnal ilmiah. Karenanya, harus maksimal dalam penulisan karya ilmiah.

"Termasuk berkolaborasi dengan mahasiswa ketika membuat karya ilmiah berbasis luaran. Semoga pelatihan ini dapat memberikan pemahaman mengenai metode penulisan artikel ilmiah yang baik dan berkualitas," imbuhnya.

Demikian informasi tentang kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah dosen IBN Kabupaten Tegal. (*)

Sumber: