Nekat Langgar Larangan Pakai Knalpot Brong, Siap-siap Denda Rp250 Ribu

Nekat Langgar Larangan Pakai Knalpot Brong, Siap-siap Denda Rp250 Ribu

EDUKASI - Kasat Binmas Polres Tegal gencarkan edukasi larangan pakai knalpot brong.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Larangan pakai knalpot brong pada sepeda motor terus digencarkan pihak kepolisian. Jika masih tetap nekat, pengendara siap-siap kena denda hingga Rp250 ribu loh.

Upaya mengedukasi pelajar Kabupaten Tegal untuk tidak melanggar larangan pakai knalpot brong terus dilakukan Satgas Preemtif Polres Tegal. Kali ini giat edukasi diarahkan pada pelajar SMK Bhakti Praja Slawi, SMKN 2 Slawi.

Selain itu, edukasi larangan pakai knalpot brong juga disampaikan ke warga Aspol Kalibliruk Polres Tegal, dan bengkel sepeda motor Berkah Jaya.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK melalui Kasat Binmas AKP Bambang Suwidagdo SH MAP menyatakan pihaknya mengedukasi dan mensosialisasikan tentang larangan pakai knalpot brong di Kabupaten Tegal.

BACA JUGA: Masifkan Penindakan Knalpot Brong di Masa Kampanye Terbuka Pemilu 2024, Polres Tegal Bentuk Satgas

"Di hadapan pelajar SMK Bhakti Praja dan SMKN 2 Slawi, kami edukasi dan imbau pelajar yang punya sepeda motor agar tidak memasang atau menggunakan knalpot brong," ujarnya, Selasa 9 Januari 2023.

Selebihnya, anggota Binmas Sub Tem Preemtif  memberikan pemahaman bahwa larangan pakai knalpot bronk bukan tanpa alasan. Knalpot bukan standar pabrik dengan suara bising itu dapat menimbulkan kebisingan bagi orang lain sehingga mengganggu ketertiban umum. 

"Hal tersebut melanggar UULJAJ pasal 285 ayat 1. Dengan ancaman paling lama 1 bulan penjara atau denda paling banyak Rp250 ribu," ungkapnya.

Kepada warga Aspol Kalibliruk Polres Tegal  pihaknya juga meminta agar turut serta menjaga situasi kondusif dan ketertiban umum dengan tidak melanggar larangan pakai knalpot brong. 

BACA JUGA: Nekat Pakai Knalpot Brong, Siap-siap Denda Rp250 Ribu dan Sebulan di Penjara

"Kami juga mengedukasi pemilik bengkel Berkah Jaya Aspol Kalibliruk Slawi Tegal Kulon, agar tidak menjual dan melayani kepada warga yang hendak memasang knalpot brong," ungkapnya.

Demikian informasi terkait larangan pakai knalpot brong. Semoga hal ini bermanfaat. (*)

Sumber: