140 Kendaraan Terjaring Razia Kenalpot Brong di Tegal, Pengendara Langsung Ditilang

140 Kendaraan Terjaring Razia Kenalpot Brong di Tegal, Pengendara Langsung Ditilang

RAZIA - Polisi amankan kendaraan yang terjaring razia knalpot brong di Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Ratusan kendaraan terjaring razia knalpot brong yang digelar jajaran Polres Tegal Kota, Sabtu 6 Desember 2023 malam. Kegiatan digelar dalam rangka cipta kondisi Operasi Mantap Brata jelang masa kampanye terbuka Pemilu 2024.

Kendaraan yang terjaring razia knalpot brong itu kemudian dibawa ke Mapolres Tegal Kota. Selanjutnya, para pengendara yang sebagian besar remaja kemudian mendapatkan sanksi tilang dan diminta mengganti knalpot standar.

Total ada 140 kendaraan yang terjaring razia knalpot brong dalam kegiatan malam tadi. Razia juga digelar untuk menindaklanjuti aduan masyarakat dan atensi pimpinan Polri.

Kapolres Tegal Kota melalui Kasat Lantas AKP Agus Joko Guntoro mengatakan dalam kegiatan tersebut setidaknya ada 140 kendaraan yang terjaring razia knalpot brong. Dari sejumlah pelanggar, kebanyakan para kawula muda termasuk para pelajar.

BACA JUGA: Nekat Pakai Knalpot Brong, Siap-siap Denda Rp250 Ribu dan Sebulan di Penjara

"Penindakan knalpot brong ini kami lakukan sebagai upaya menjaga ketertiban umum. Terlebih saat ini sedang berlaku penggelaran Operasi Mantap Brata untuk pengamanan Pemilu 2024,"katanya.

Selain itu, kata AKP Agus, itu sekaligus sebagai langkah antisipasi kerawanan terjadinya kericuhan yang dapat timbul dengan adanya kendaraan berknalpot brong. Apalagi saat ini sudah menjelang tahapan masa kampanye terbuka Pemilu 2024.

"Kami melaksanakan penindakan secara tegas terhadap pelanggaran kasat mata. Terutama knalpot brong atau yang tidak standar, karena ini juga merupakan atensi langsung dari Kapolda Jawa Tengah,"katanya.

Menurut Kasat Lantas, kendaraan yang terjaring razia knalpot brong itu kemudian dibawa ke Mapolres. Kemudian pengendara kendaraan yang terjaring razia knalpot brong disanksi tilang dan diminta mengganti dengan knalpot standar.

BACA JUGA: Polisi Targetkan Zero Penggunaan Knalpot Brong di Masa Kampanye Terbuka di Tegal, Ini Alasannya

"Mereka kita tindak dengan tilang dan kendaraan kita tahan. Serta kita perintahkan untuk mengganti knalpot kendaraannya dengan yang standar,"terang Kasat Lantas.

Menurut Kasat Lantas, pihaknya akan terus menggencarkan penindakan terhadap knalpot brong. Karena banyak pengaduan dari masyarakat yang merasa terganggu. 

"Karenanya, kita tidak segan-segan untuk menindak tegas para pengendara bermotor yang berknalpot brong. Kita akan terus melakukan penertiban dan mengimbanginya dengan melakukan sosialisasi,"tandasnya.

Berdasarkan pengamatan, kata Kasat Lantas, pada saat jam-jam pelajaran sekolah, jalanan sepi dari kendaraan berknalpot brong. Sehingga, dapat disimpulkan sebagian besar pengguna knalpot brong adalah para kawula muda termasuk para pelajar. 

Sumber: