Perbedaan Air Fryer dan Deep Fryer, Sebenarnya Mana yang Lebih Sehat

Perbedaan Air Fryer dan Deep Fryer, Sebenarnya Mana yang Lebih Sehat

Perbedaan Air Fryer dan Deep Fryer, Mana yang Lebih Sehat--

RADAR TEGAL – Banyak yang sering bertanya perbedaan air fryer dan deep fryer yang merupakan dua alat penggorengan instan. Kedua alat bantu memasak tersebut memiliki perbedaan mendasar dalam metode pengolahan masakannya.

Perbedaan air fryer dan deep fryer yang paling menonjol terlihat pada cara penggunaan produk tersebut. Walaupun keduanya mempunyai fungsi yang serupa yaitu sama-sama untuk menggoreng.

Penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaan air fryer dan deep fryer, agar bisa memilih alat masak sesuai kebutuhan kamu. Air fryer sendiri menggunakan udara panas yang berputar untuk memasak makanan, sementara deep fryer mengandalkan minyak atau lemak.

Perbedaan Air Fryer dan Deep Fryer

Air fryer dan deep fryer keduanya dapat digunakan untuk memasak berbagai jenis masakan yang digoreng seperti daging atau kentang. Namun, air fryer disebut lebih cepat dibandingkan deep fryer dalam proses penggorengannya.

BACA JUGA: Resiko Memasak dengan Air Fryer yang Jarang Diketahui, Benarkah Memunculkan Senyawa Berbahaya?

Simak berikut ini penjelasan tentang perbedaan air fryer dan deep fryer tersebut :

1. Penggunaan Minyak

Air fryer umumnya tidak membutuhkan minyak atau hanya membutuhkan sedikit minyak misalnya dua sendok teh untuk menggoreng makanan. Sementara deep fryer membutuhkan banyak minyak, karena makanan harus benar-benar terendam dalam minyak untuk memastikan masakan matang merata.

2. Penghantar Panas

Air fryer menggunakan udara yang berputar sebagai penghantar panas untuk memasak makanan. Sementara deep fryer menggunakan minyak atau lemak sebagai penghantar panas, sehingga dibutuhkan proses masak yang lama sampai minyak benar-benar panas merata.

3. Jumlah Minyak

Deep fryer memerlukan jumlah minyak yang lebih banyak agar makanan dapat terendam dan matang merata. Sedangkan air fryer hanya memerlukan sedikit minyak, bahkan biasanya tidak memerlukan minyak sama sekali.

4. Kecepatan Memasak

Air fryer umumnya lebih cepat dalam proses penggorengannya dibandingkan dengan deep fryer. Karena penggunaan minyak yang banyak pada deep fryer membuat dep fryer harus membuat minyak panas terlebih dahulu sebelum memasak makanan.

BACA JUGA: Perhatikan 7 Cara Mudah Membersihkan Air Fryer! Tidak Butuh Waktu Lama lho

Selain perbedaan tersebut, air fryer sering dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat dibandingkan deep fryer. Hal ini karena penggunaan minyak yang lebih sedikit atau bahkan tanpa minyak pada air fryer dapat mengurangi asupan lemak dalam tubuh,

Selain itu, air fryer juga dianggap lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah minyak bekas yang perlu dibuang. Sedangkan deep fryer yang membutuhkan banyak minyak pastinya akan meninggalkan minyak bekas setelah penggorengan selesai.

Perbedaan Air Fryer dan Deep Fryer dari segi desain

Selain perbedaan pada cara penggunaan dan fungsi penggorengannya, air fryer dan deep fryer juga mempunyai perbedaan siginifikan pada desainnya. Karena air fryer sendiri hadir sebagai solusi praktis dan instan untuk memasak, air fryer mempunyai desain yang ringkas.

Sedangkan deep fryer berbeda-beda tergantung kebutuhan dapur kamu, biasanya deep fryer banyak digunakan oleh restoran besar yang membutuhkan penggorengan maksimal. Kebanyakan deep fryer di restoran tersebut digunakan untuk menggoreng banyak masakan.

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Air Fryer Low Watt Terbaik, Listrik Hemat Masakan Terasa Lezat

Nah, itulah beberapa perbedaan air fryer dan deep fryer yang bisa kamu ketahui, agar kamu dapat memahami kedua jenis alat penggorengan tersebut. (*)

Sumber: