6 Cara Merawat AC Portable Supaya Tetap Dingin dan Awet, Mudah dan Bisa Dilakukan Sendiri

6 Cara Merawat AC Portable Supaya Tetap Dingin dan Awet, Mudah dan Bisa Dilakukan Sendiri

Cara Merawat AC Portable dengan Mudah--

RADAR TEGAL – Kamu wajib tahu bagaimana cara merawat AC portable dengan mudah, agar kamu bisa menjaga AC portable kamu tetap awet. Apalagi ditengah cuaca panas ekstrem seperti saat ini AC portable mempunyai beban yang berat.

Pati kamu menggunakan AC portable setiap hari, dengan beban kerja yang berat tersebut AC portable bisa sangat rentan mengalami kerusakan. Maka dari itu penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara merawat AC portable dengan mudah.

Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara merawat AC portable dengan mudah yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah. Karena sebenarnya merawat AC portable tidak sesulit yang dibayangkan, bahkan bisa kamu lakukan seorang diri tanpa bantuan teknisi khusus.

Cara merawat AC portable dengan mudah

Merawat AC Portable menjadi sebuah keharusan karena penggunaan AC ini dirumah yang bermanfaat untuk mendinginan ruangan. Jika tidak dibersihkan kemungkinan AC portable akan terganggu kinerjanya atau bahkan malah mengeluarkan udara yang tidak sehat.

BACA JUGA: Spesifikasi AC Portable Honeywell Air Cooler TC10PM, Pendingin Ruangan Hemat Listrik yang Ramah di Kantong

Maka dari itu kamu harus melakukan pembersihan AC portable secara rutin, simak berikut ini cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan AC portable:

1. Bersihkan AC Portable secara Rutin, Minimal Sekali Sebulan

Pembersihan rutin pada AC portable sangat penting untuk menjaga performa atau kinerja AC tetap optimal. Kamu harus membersihkan AC minimal sebulan sekali atau dua kali dalam sebulan untuk hasil yang lebih baik.

Ingat saat akan membersihkan AC portable, kamu harus mematikan AC tersebut terlebih dahulu. Gunakan kain lembut atau sikat halus untuk menghapus debu dan kotoran dari permukaan luar AC, dan perhatikan juga bagian luar AC dari tanda-tanda kerusakan.

2. Cuci Filter secara Rutin

Filter pada AC berfungsi sebagai penyaring udara, menghalangi debu dan partikel kecil lainnya. Untuk memastikan udara yang masuk ke dalam ruangan tetap bersih kamu harus membersihkan atau mencuci filter secara rutin sesuai dengan petunjuk pembersihannya.

BACA JUGA: Murah dan Praktis, Berikut 4 Pilihan AC Portable Mini Terlaris, Berkualitas dan Gak Cepat Rusak

3. Bersihkan Debu dan Kotoran pada Ventilasi

Debu dan kotoran yang menumpuk pada ventilasi AC dapat menghambat aliran udara, sehingga mengurangi efisiensi pendinginan. Gunakan sikat halus, kuas, atau alat pembersih khusus untuk membersihkan ventilasi pada AC portable setiap kali debu terlihat sudah menumpuk.

4. Lap AC Portable dengan Kain Lembap

Setelah membersihkan bagian luar AC, gunakan kain yang lembap untuk membersihkan permukaan AC portable. Pastikan kain tersebut hanya sedikit basah, jangan terlalu basah agar bagian dalam unit AC tidak rusak.

5. Lap Kembali AC Portable dengan Kain Kering yang Lembut

Untuk mencegah goresan atau bekas air yang tersisa, lap kembali AC portable dengan kain kering yang lembut, misalnya seperti kanebo. Pastikan unit sudah kering sepenuhnya sebelum menghidupkannya kembali.

6. Bersihkan Bagian Saringan Udara di AC Portable

Bagian saringan udara juga merupakan komponen penting untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan. Bersihkan bagian ini secara teratur untuk menghilangkan debu dan kotoran yang mungkin menempel.

BACA JUGA: 4 Kelebihan dan Kekurangan AC Portable yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Pastikan untuk mengikuti petunjuk produsen saat membersihkan atau mengganti saringan udara. Saringan yang bersih membantu mencegah masalah pernapasan dan meningkatkan efisiensi AC.

Agar lebih berhati-hati kamu juga bisa melihat petunjuk pembersihan melalui internet, pastikan kamu tidak membersihkan AC dengan sembarangan. Lakukan cara merawat AC portable dengan mudah diatas dengan baik dan benar.

Perlu diingat cara merawat AC portable dengan mudah tersebut diatas harus kamu lakukan dengan mengikuti petunjuk pembersihan atau prosedur penggunaan dari AC yang kamu gunakan. (*)

Sumber: