4 Tips Merawat AC Rumahan agar Awet Bertahun- tahun dan Tetap Dingin

4 Tips Merawat AC Rumahan agar Awet Bertahun- tahun dan Tetap Dingin

Ilustrasi. Cara merawat AC agar awet dan tetap dingin--Freepik

RADAR TEGAL- Artikel kali ini membahas tips merawat AC Rumahan agar awet bertahun-tahun dan pastinya tetap dingin. Yuk simak sampai habis, supaya AC di rumah Kamu bisa berumur panjang.

Dengan memasang AC di rumah dapat membantu membuat ruangan di rumah menjadi lebih dingin dan sejuk, sehingga membuat aktivitas apapun jadi lebih nyaman. Namun tahukah Anda tips merawat AC rumahan, meskipun hal sepele tapi Anda perlu mengetahuinya.

Seperti alat elektronik lainnya, AC juga membutuhkan perawatan yang sesuai agar dapat bertahan dengan jangka waktu yang lama dan tidak cepat rusak. Oleh karena itu sebaiknya Kamu mengetahui tips merawat AC rumahan.

Berikut ini tips merawat AC rumahan yang bisa Anda praktekkan sekarang juga :

BACA JUGA: Cara Menyalakan AC Sharp lewat HP, Atur Kondisi Kelembapan Ruangan Jadi Lebih Mudah

1.Rutin mengganti filter secara berkala

Filter udara sebaiknya diganti 60 hari sekali, supaya udara yang masuk tetap terjaga. Jika Anda memiliki hewan peliharaan atau alergi terhadap debu memang paling disarankan menggantinya setiap sebulan sekali.

Filter yang kotor akan membatasi aliran udara dan menyebabkan AC Anda bekerja lebih keras, sehingga meningkatkan konsumsi daya listrik dan mengurangi efisiensi energi.

2. Bersihkan AC secara rutin

Hal paling penting harus membersihkan AC secara rutin agar unit tetap berfungsi dengan baik dan bebas dari kotoran, debu maupun sarang laba-laba.

3. Atur suhu normal

Suhu pada AC yang normal membantu sistem berfungsi tetap baik. Namun jika Anda mengatur suhu AC rendah, maka akan membutuhkan lebih banyak energi untuk mendinginkan ruangan.

BACA JUGA: Spesifikasi AC Portable Honeywell Air Cooler TC10PM, Pendingin Ruangan Hemat Listrik yang Ramah di Kantong

Bahkan mengatur suhu AC rendah dapat menambah penekanan pada unit yang menyebabkan tagihan listrik naik dan bisa menghambat kinerjanya secara maksimal. Suhu ideal untuk AC yakni 25,56 deraja celcius.

Sumber: