Perbedaan AC Split vs AC Inverter, Menurutmu Lebih Unggul yang Mana? Cek Dahulu Sebelum Beli

Perbedaan AC Split vs AC Inverter, Menurutmu Lebih Unggul yang Mana? Cek Dahulu Sebelum Beli

Perbedaan AC split vs ac inverter--Freepik

RADAR TEGAL- Artikel kali ini akan membahas perbedaan AC split vs AC Inverter yang bisa kita simak sebagai bahan perbandingan. Agar sebelum membeli, kita bisa mempertimbangkannya terlebih dahulu supaya tidak keliru.

 

Perbedaan AC Split vs AC Inverter sebenarnya tidak terlalu banyak. Namun, keduanya tidak bisa disamakan.

 

Selain mempertimbangkan soal merek, sebenarnya saat membeli AC, kita perlu juga mengetahui lebih dahulu perbedaan AC Split vs AC Inverter. Tujuannya, agar pendingin ruangan yang kita beli benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita.

 

Lalu, apa saja perbedaan AC Split vs AC Inverter? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

 

BACA JUGA:5 AC Samsung Murah di Awal Tahun 2024, Cocok untuk Hadapi Cuaca Panas Mendatang

 

Karena di dalamnya akan membahas tentang perbedaan AC Split vs AC Inverter yang perlu kita ketahui. Berikut ini penjelasannya.

 

Pengertian AC Split 

 

AC split merupakan jenis AC standar yang tidak dapat mengatasi pancaran panas dalam konsentrasi tinggi dari perangkat teknologi. Bahkan AC split ini tidak bisa mengatur suhu dan kelembaban dengan presisi tertentu.

 

Pengertian AC Inverter

 

AC inverter adalah AC yang memiliki teknologi lebih canggih dibandingkan dengan AC biasa. AC ini dapat mengubah tegangan listrik bolak- balik menjadi tegangan listrik yang searah, oleh karena itu bisa lebih menghemat listrik tentunya.

 

Perbedaan AC split vs AC inverter

 

1. Segi harga

 

Perbedaan AC split vs AC inverter ini dari segi harganya, AC split ini harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan AC inverter. Akan tetapi AC inverter meskipun lebih mahal tapi menawarkan hemat listrik, ramah lingkungan dan teknologi kecanggihan yang dimilikinya.

 

BACA JUGA:Yuk Intip Harga Kipas AC Dingin yang Dapat Membuat Ruangan Terasa Nyaman dan Sejuk

 

2. Efisiensi energi

 

AC inverter lebih hemat listrik karena memiliki fitur sensor secara otomatis yang bisa menyesuaikan suhu udara pada ruangan dan membutuhkan daya listrik hanya 225- 900 Watt saja. Sedangkan AC split tidak memiliki fitur tersebut dan memakan daya listrik sekitar 800 Watt.

 

3. Tingkat kecepatan pendinginan

 

AC inverter terkenal dengan teknologinya yang lebih unggul dan canggih karena terdapat kompresor bekerja dengan kecepatan bervariasi. Oleh karena itu AC inverter lebih cepat mendinginkan suhu ruangan dibandingkan dengan AC split.

 

Bahkan kerennya lagi AC inverter dapat mempertahankan suhu dingin yang diinginkan secara konstan.

 

4. Jenis freon

 

AC inverter memiliki freon R32 yang dikenal ramah lingkungan dan biasa dipakai. Disebut ramah lingkungan karena tidak merusak lapisan ozon bumi.

 

BACA JUGA:AC Samsung VS AC Daikin Mana yang Paling Bagus dan Lebih Unggul? Berikut Perbandingan Rinciannya

 

Kesimpulannya, perbedaan AC split vs AC inverter, AC inverter dinilai lebih unggul. Ibarat kata ada harga ada rupa yang memang memiliki teknologi lebih canggih dan unggul.

 

Demikian artikel pembahasan perbedaan AC Split VS AC Inverter. Semoga membantu ya. (*)

Sumber: