Antara Kipas Angin AC vs AC Dinding, Budget Rp1 Juta Mending Pilih yang Mana?

Antara Kipas Angin AC vs AC Dinding, Budget Rp1 Juta Mending Pilih yang Mana?

Antara Kipas Angin AC vs AC Dinding, Budget Rp1 Juta Mending Pilih yang Mana?--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Punya budget Rp1 juta bingung mau pilih pendingin ruangan yang bagus antara kipas angin AC vs AC dinding, mana sih yang lebih unggul?

Kipas angin AC vs AC dinding merupakan jenis alat pendingin ruangan yang populer di Indonesa. Selain itu, kedua AC tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangannnya masing-masing.

Kelebihan dari kipas angin AC vs AC dinding adalah kipas angin AC cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau, sedangkan AC dinding memiliki performa yang lebih baik.

Namun jika Anda memiliki budget Rp1 juta, mana sih yang lebih bagus dibeli antara kipas angin AC vs AC dinding. Berikut adalah ulasan singkat tentang kedua jenis pendingin ruangan tersebut.

BACA JUGA:3 AC Dinding 1/2 PK Paling Recomended untuk Dibeli, Punya Fitur Unggulan dengan Konsumsi Daya Kecil

Perbedaan kipas angin AC vs AC

Untuk mengetahui kipas mana yang cocok dengan budget Rp1 jutaan, kita perlu mengetahui terlebih dahulu perbedaan dari kedua pendingin ruangan ini. Berikut perbedaanya

Kipas AC

Kipas AC adalah alat pendingin ruangan yang menggunakan kipas angin untuk mendinginkan udara. Kipas AC memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan AC dinding. Selain itu, kipas AC juga lebih mudah dipasang dan dirawat.

Namun, kipas AC memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Performa pendinginan yang kurang baik dibandingkan AC dinding
  • Tidak dapat mendinginkan ruangan secara merata
  • Suara yang dihasilkan lebih bising.

AC Dinding

Sedangkan, AC dinding adalah alat pendingin ruangan yang menggunakan kompresor untuk mendinginkan udara. AC dinding memiliki performa yang lebih baik dibandingkan kipas AC. Selain itu, AC dinding juga mamu mendinginkan ruangan secara merata.

BACA JUGA:4 Rekomendasi AC Dinding Murah yang Tidak Cepat Rusak, Irit Listrik dan Hemat di Kantong

Kekurangan AC dinding antara lain:

  • Harga yang lebih mahal dibandingkan kipas AC
  • Lebih sulit dipasang dan dirawat
  • Membutuhkan listrik yang lebih besar.

Sumber: