Cara Minta Bantuan Baznas untuk Bayar Pinjol dan Persyaratannya

Cara Minta Bantuan Baznas untuk Bayar Pinjol dan Persyaratannya

Cara Minta Bantuan Baznas untuk Bayar Pinjol dan Persyaratannya-baznas-baznas

RADAR TEGAL  Bagi kamu yang sedang terjerat hutang pinjol, kamu wajib tahu cara minta bantuan Baznas untuk bayar hutang pinjol berikut ini. Sebelumnya Baznas atau Badan Amil Zakat Nasional sendiri telah meluncurkan program bantuan untuk nasabah pinjol.

Program bantuan ini berupa peminjaman dana untuk membantu nasabah melunasi hutang pinjol mereka. Maka dari itu penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara minta bantuan Baznas untuk bayar pinjol agar bisa melunasi hutang-hutang pinjol.

Program dari Baznas untuk membantu masrayakat yang terjerat hutang pinjol tersebut sudah berjalan sejak tahun 2022 dan masih berjalan hingga saat ini. Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara minta bantuan Baznas untuk bayar pinjol dan persyaratan lengkapnya.

Cara Minta Bantuan Baznas untuk Bayar Pinjol

Menurut ketua Baznas, orang-orang yang terjerat hutang pinjol masuk dalam golongan gharim dan termasuk dalam kategori yang bisa mendapatkan bantuan dari Baznas. Namun hal tersebut hanya berlaku untuk nasabah pinjol yang menggunakan pinjaman memenuhi kebutuhan harian yang mendesak.

BACA JUGA:Kamu Wajib Tahu Cara Minta Keringanan Bayar Hutang Pinjol, Gaperlu Takut Galbay

Jumlah bantuan yang diberikan menyesuaikan dengan kemampuan Baznas. Namun untuk prosesnya nanti akan dilakuan survei terlebih dahulu.

Simak berikut ini langkah-langkah cara minta bantuan Baznas untuk bayar pinjol:

1. Kunjungi Kantor Baznas Terdekat

Hal pertama yang harus kamu lakukan tentunya adalah mengunjungi kantor Baznas di daerah kamu. Tanyakan program pinjaman dana untuk membantu nasabah pinjol kepada petugas dan sampaikan kebutuhan yang kamu inginkan.

Seperti disebutkan sebelumnya program bantuan untuk nasabah pinjol ini digencarkan oleh Baznas pusat sehingga di setiap kantor Baznas daerah pasti sudah menerapkan programnya. Jika kantor daerah tidak menerima program tersebut kamu bisa menghubungi pusat layanan 0813-1545-0017.

BACA JUGA:Tak Segampang Itu, Trik Hapus Data Pribadi Pinjol Belum Tentu Bisa Lepas dari DC Lapangan, Ini Penjelasannya

2. Melengkapi Dokumen

Untuk mengajukan permintaan bantuan dana dari Baznas, kamu harus melengkapi dokumen-dokumen sesuai dengan ketentuan dari Baznas. Karena Baznas sendiri membutuhkan laporan pertanggungjawaban untuk diberikan kepada pemberi zakat.

3. Mendapat Kunjungan

Setelah kamu melakukan pengajuan dana, Baznas akan mengumpulkan berbagai informasi untuk melakukan pengecekan pada data-data yang kamu berikan. Baznas akan mengambil data-data dari OJK dan Kominfo sampai melakukan kunjungan ke rumah kamu.

Berbagai informasi tersebut akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menilai apakah kamu bisa mendapatkan bantuan atau tidak. Sementara besaran dana yang bisa dipinjamkan dari Baznas sendiri tergantung pada kemampuan Baznas.

Syarat Pengajuan Program Bantuan Pinjol dari Baznas

Seperti disebutkan sebelumnya untuk mengajukan bantuan dana dari Baznas dibutuhkan dokumen-dokumen tertentu. Diantaranya simak berikut ini dokumen yang harus kumpulkan tersebut:

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy KK
  • Surat Keterangan Tidak Mampu
  • Bukti tagihan hutang.

BACA JUGA:Ketahui Cara Menghapus Data KTP di Pinjaman Online Mulai dari Uninstall Aplikasi Pinjol Hingga Lapor ke OJK

Selain itu ada juga isian formulir administrasi untuk membuat program pengajuan bantuan dana dari Baznas. Isi dan lengkapi semua dokumen persyaratan tersebut dengan benar agar kamu bisa mendapatkan persetujuan bantuan dana dari Baznas.

Nah, itulah ulasan tentang cara minta bantuan Baznas untuk bayar pinjol, yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif agar bisa terbebas dari jeratan pinjol. Selamat mencoba. (*)

Sumber: