Tips Memilih Layanan Pinjol supaya Terhindar dari Modus Penipuan, Catat Ini ya

Tips Memilih Layanan Pinjol supaya Terhindar dari Modus Penipuan, Catat Ini ya

Tips Memilih Layanan Pinjol--

RADAR TEGAL – Pinjaman online atau pinjol telah memudahkan masyarakat dalam melakukan pinjaman karena proses persetujuannya yang singkat. Berikut tips memilih layanan pinjol supaya terhindar dari modus penipuan.

Tips ini pastinya akan bermanfaat bagi para pemula yang belum pernah menggunakan pinjol. Dengan mengetahui tips memilih layanan pinjol supaya terhindar dari modus penipuan, harapannya pemula jadi bisa lebih tenang.

Lalu, apa saja tips memilih layanan pinjol supaya terhindar dari modus penipuan? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

Karena di dalamnya akan mengulas berbagai tips memilih layanan pinjol supaya terhindar dari modus penipuan. Sehingga para pemula bisa lebih waspada setelah mengetahuinya.

BACA JUGA:6 Aplikasi Pinjol Bunga Rendah, Modal Tunjukan KTP Bisa Langsung Cair Rp100 Juta

Tips memilih layanan pinjol supaya terhindar dari modus penipuan 

Diketahui, dengan bermodalkan foto KTP dan swafoto atau selfie membuat masyarakat bisa merasakan mudahnya melakukan pinjaman di pinjol. Namun,  sayangnya, masyarakat terutama anak muda justru terlena dengan kemudahan pinjol yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif seperti membeli kebutuhan fashion, gadget,hingga tiket konser.

Tidak hanya itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga sering mewanti-wanti supaya generasi muda untuk melek terhadap produk pinjol yang sesuai dengan kebutuhan dan profil keuangan supaya tidak menyebabkan pinjaman macet di kemudian hari. Mengetahui tips memilih layanan pinjol supaya terhindar dari modus penipuan diharapkan bisa membuat mereka menjadi lebih aman. 

Berikut ini tips memilih layanan pinjol supaya terhindar dari modus penipuan yang bisa kita simak. 

1. Pinjaman di Perusahaan Pinjol yang Terdaftar OJK

Ketika Anda ingin melakukan pengajuan pinjaman di layanan pinjol. Maka, pastikan bahwa Anda hanya melakukan pinjaman di perusahaan yang telah terdaftar atau berizin OJK.

BACA JUGA:5 Platform Pinjol yang Tidak Perlu Verifikasi Wajah untuk Pengajuannya, Apa Saja?

Hingga September 2023, terdapat 101 penyebab pinjol yang berizin OJK. Anda juga bisa mengecek legalitas perusahaan pemberi pinjaman melalui telepon Kontak OJK 157 atau website resmi OJK.

2. Abaikan Kreditur yang Terkesan Mengejar-ngejar atau Memaksa

Biasanya kreditur menggunakan trik seperti bersikap wajar pada saat peminjam menanyakan informasi. Namun, mulai merayu dengan berbagai bonus dan fasilitas yang berlebihan dan tidak masuk akal, jika sudah begitu sudah bisa dipastikan bahwa hal tersebut merupakan penipuan.

3. Meminta Uang Muka

Anda juga perlu mewaspadai apabia perusahaan meminta dana yang cukup besar lebih dari Rp1 jutaan dengan alasan untuk mempermudah proses administrasi. Karena bisa saja hal tersebsut merupakan motif penipuan.

4. Teliti pada saat Mengunduh Aplikasi

Anda juga harus jeli pada saat mengunduh aplikasi seperti pada bagian permission hal apa saja yang disetujui aplikasi cari tahu dari HP. Sebagai pengetahuan bahwa OJK hanya memberikan izin akses kamera, microphone, dan location untuk aplikasi berizin OJK.

BACA JUGA: Tagihan Menumpuk? Begini Cara Melunasi Hutang Pinjol Tanpa Membayar Agar Kamu Tidak Terbebani

5. Persyaratan Layanan Pinjol

Tahukah Anda bahwa syarat untuk bisa melakukan P2P lending memang lebih mudah dibandingkan dengan peminjaman konvensional. Salah satu hal yang dilakukan oleh oknum yakni mengabaikan histori kredit penerima pinjaman, sehingga terkesan mudah dan cepat.

Padahal, hal tersebut merupakan salah satu syarat penting apakah seorang calon penerima pinjaman layanan menerima pinjaman atau tidak.

6. Meminta Informasi Pribadi Berlebihan

Masyarakat juga harus waspada apabila terdapat perusahaan menanyakan hal-hal yang bersifat privasi seperti PIN atau password rekening bank. Pada umumnya informasi yang dibutuhkan adalah nama, alamat e-mail, nomor KTP, dan nomor telepon.

7. Ketahui Bunga dan Denda Pinjol

Pelajari terlebih dahulu bunga dan denda pinjol yang ditawarkan, lakukan survei ke beberapa perusahaan fintech lending sebagai pembanding sebelum melakukan pinjaman.

BACA JUGA: Hutang Pinjol Bisa Lunas Tanpa Membayar Berbahaya? Ternyata Ini Risiko yang Kaum Galbay Wajib Tahu

Demikian ulasan mengenai tips memilih pinjol supaya tidak terjerumus dari penipuan. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: