5 Cara Membersihkan AC Portable agar Tetap Awet dan Berfungsi dengan Baik

5 Cara Membersihkan AC Portable agar Tetap Awet dan Berfungsi dengan Baik

Berikut ini cara membersihkan AC portable--

RADAR TEGAL- Jangan dianggap sepele ternyata AC di rumah kita juga memerlukan perawatan khusus agar tetap awet dan berfungsi dengan baik. Begini cara membersihkan AC portable di rumah dengan mudah.

 

Cara membersihkan AC portable ini akan kita bahas pada artikel kali ini. Dengan mengetahuiya, harapannya pengguna bisa memiliki perangkat tersebut dengan usai pakai lebih lama.

 

Selain itu, cara membersihkan AC portable juga dapat menghemat listrik loh. Sehingga sangat tepat dilakukan untuk menghemat energi.

 

Lalu, bagaimana cara membersihkan AC portable yang mudah? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

 

BACA JUGA:Tips Mencegah AC Portable Bocor dengan Mudah Bisa Anda Coba, Simak Selengkapnya

 

Apalagi di bulan sekarang cuaca panas masih melanda. Pastinya AC portable digunakan setiap saat setiap waktu yang bisa menyebabkan cepat berdebu.

 

Alangkah baiknya kita tahu dasar cara membersihkan AC portable sendiri. Berikut ini cara membersihkan AC portable yang bisa Anda lakukan di rumah:

 

1. Bersihkan filter 

 

Menjaga filter ini agar bebas dari debu dan kotoran ini sangat penting dilakukan agar memastikan AC portable Anda tetap bekerja secara efektif. Oleh karena itu sebaiknya periksa 2X dalam sebulan.

 

Jika terdapat banyaknya debu segera lepas filter dan bersihkan menggunakan penyedot debu. Kemudian rendam di air agar debu benar-benar hilang, biarkan hingga kering, lalu masukkan kembali ke dalam AC portable Anda.

 

BACA JUGA:Inilah Penyebab Air AC Portable Bocor Pantas Tidak Dingin, Ternyata Ini Kendalanya

 

2. Kurangi tangki airnya

 

Jika Anda memiliki AC portable yang ada tangki airnya bersihkan secara rutin. Tangki air yang di dalamnya harus dibersihkan menggunakan hidrogen peroksida berfungsi untuk mencegah tumbuhnya jamur maupun bakteri.

 

Bilas dengan air kemudian keringkan terlebih dahulu bagian dalam maupun luar tangki.

 

3. Bersihkan debu pada kumparan kondensor 

 

Yang sering terlewatkan yakni harus bersihkan debu pada kumparan kondensor. Cara membersihkannya cukup mudah dengan menggunakan sikat halus tapi harus ekstra hati-hati supaya bagian lainnya tidak rusak.

BACA JUGA:Keunggulan Tipe AC Daikin 1/2 PK yang Paling Laris Dicari, Salah Satunya karena Tidak Bising

4. Bersihkan bagian evaporator

 

Cara membersihkan AC portable selanjutnya yakni bersihkan pada bagian evaporator dengan cara gunakan sikat yang lebih kecil untuk menyedot debu. Selanjutnya bersihkan dengan air, biarkan tunggu hingga mengering.

 

5. Buka AC Portable

 

Untuk membuka AC portable pastikan terlebih dahulu aliran listrik sudah dicabut dan selang pembuangan air dilepas. Kemudian buka dan bongkar AC portable Anda sampai terlihat kondensornya, saat membukanya Anda harus menggunakan obeng.

 

Saat membongkar AC portable baut-baut yang dilepaskan kumpulkan jadi satu, agar saat memasang kembali tidak ada yang hilang satupun.

 

Demikian artikel yang bisa kami rangkum tentang cara membersihkan AC portable. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: