Jelang Natal dan Tahun Baru, 85 Petugas Kereta Api Menjalani test Urine

Jelang Natal dan Tahun Baru, 85 Petugas Kereta Api Menjalani test Urine

Petugas kereta api menjalani test urine di salah satu stasiun--

RADAR TEGAL - Puluhan petugas kereta api yang bertugas di wilayah PT KAI Daop IV Semarang menjalani test urine yang digelar pada Kamis 21 Desember 2023 siang. Pemeriksaan dilakukan di 4 Stasiun, salah satunya di Tegal.

Petugas kereta api yang menjalani test urine antara lain Masinis, Kondektur, Polsuska dan Para Frontliner. Tujuan pemeriksaan untuk mengantisipasi penyalahgunaan Narkoba selama pelaksanaan Angkutan Natal dan tahun baru.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo mengatakan langkah tersebut merupakan wujud komitmen untuk melayani masa Angkutan Natal dan Tahun Baru dengan selamat, aman, dan nyaman. Adapun jumlah petugas kereta api yang menjalani test urine sebanyak 86 orang.

"Petugas kereta api yang menjalani test urine terdiri dari Masinis, Kondektur, Polsuska dan Para Frontliner. Ini untuk mengantisipasi peredaran narkoba di masa Natal dan Tahun Baru.

BACA JUGA:KAI Siapkan 33 Kereta Api Selama Natal dan Tahun Baru, Tiketnya Sudah Bisa Dipesan

Selain test urine, kata Franoto, para petugas juga menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin. Sehingga, kondisi kesehatan mereka akan terjaga selama bertugas memberikan pelayanan.

“Kita memastikan, seluruh pegawai yang berdinas bebas dari narkoba dan dalam kondisi prima. Baik secara fisik maupun mental untuk mengantarkan seluruh pelanggan kereta api untuk berlibur di masa Nataru ini,"ujarnya.

Di samping para petugas kereta api menjalani test urine dan pemeriksaan kesehatan, upaya lainnya yakni rutin melakukan sosialisasi dan penyuluhan terkait kesehatan. Termasuk napza (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).

"Kami berkomitmen untuk mewujudkan perjalanan KA yang aman dan liburan nyaman bagi para pelanggan. Pemeriksaan narkoba ini sangat penting dilaksanakan untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api,"imbuh Franoto.

BACA JUGA:Harga Tiket Kereta Api Cepat Jakarta Bandung Rp200 Ribu Sekali Jalan, Promo Diperpanjang

Selain itu, imbuh Franoto, mereka yang bertugas betul-betul dalam kondisi sehat. Serta dalam performa terbaiknya untuk melayani pelanggan.

"Pemeriksaan ini kita gelar di 3 Stasiun di wilayah Daop IV Semarang. Antara lain, Tegal, Semarang Tawang dan Cepu,"pungkasnya.

Itulah informasi terkait petugas kereta api yang menjalani test urine. Pemeriksaan dilakukan di 3 Stasiun di wilayah Daop IV Semarang. (*)

Sumber: