Punya Laboratorium Komputer dan MIPA, SDN Karangjambu 1 Balapulang Dapat Bantuan Kemendikbudriset

Punya Laboratorium Komputer dan MIPA, SDN Karangjambu 1 Balapulang Dapat Bantuan Kemendikbudriset

SAMBUTAN - Kepala SDN Karangjambu 01 Agus Supriyanto, saat sambutan dalam acara peresmian ruang Laboratorium Komputer dan MIPA di sekolahnya, Sabtu 16 Desember 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL -  Memiliki Laboratorium Komputer dan MIPA, fasilitas SD Negeri Karangjambu 01 Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal pastinya semakin lengkap. Karena ruang laboratorium ini sangat bermanfaat bagi peserta didik di sekolah tersebut. 

"Alhamdulillah, akhirnya sekolah kami memiliki Laboratorium Komputer dan MIPA," kata Kepala SDN Karangjambu 01, Agus Supriyanto, Selasa 19 Desember 2023.

Dia menuturkan, ruang Laboratorium Komputer dan MIPA itu merupakan bantuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudriset). Selain itu, juga dapat bantuan dari orang tua siswa.

Di ruang Laboratorium Komputer dan MIPA itu, total sarananya ada 33 perangkat. Rinciannya, 18 Personal Computer (PC) dan 15 Chromebook.

BACA JUGA: Laboratorium Biosafety Level 2 di Kabupaten Brebes Rampung, Habiskan Anggaran Rp5,136 Miliar

Dia menyatakan, ruang Laboratorium Komputer dan MIPA tersebut sudah bisa beroperasi setelah diresmikan oleh salah satu anggota DPRD Kabupaten Tegal, pada Sabtu 16 Desember 2023.

Menurut Agus, fasilitas Laboratorium Komputer dan MIPA ini sangat berarti bagi anak didiknya dan para guru di sekolahnya. Mereka tentunya dapat belajar teori sekaligus praktik komputer di ruang tersebut.

"Semoga anak didik kami semakin giat belajar komputer dan MIPA," ucapnya. 

Agus mengisahkan, sejak tahun 2017 lalu, SDN Karangjambu 01 telah menerapkan model pembelajaran berbasis Sains, Teknologi, Engineering dan Matematika (STEM). Di setiap kelas juga dilengkapi dengan projektor dan sound.

BACA JUGA:Disperintransnaker Dongkrak Kompetensi Uji Struktur Mikro Personel UPTD Laboratorium Perindustrian

Guna menyukseskan program STEM, maka sejak 2018, Ketua Komite SDN Karangjambu 01 M Ali Nurdin mengajak para orang tua siswa untuk mendukung program tersebut.

"Dan akhirnya dapat terbeli semuanya. Termasuk PC dan Chromebook," kata Agus.

Agus menyebut, salah satu komponen yang sangat menentukan dalam upaya digitalisasi sekolah dan optimalisasi TIK sebagai alat bantu pembelajaran adalah keberadaan Laboratorium Komputer dan MIPA

Dia mengemukakan, sebagaimana yang diatur dalam Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana sekolah, maka Laboratorium Komputer berfungsi sebagai tempat mengembangkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. 

Sumber: