Utang Pinjol Bisa Sulit Masuk Kerja, Simak Tips Terhindar dari Pinjaman Online Bagi Mahasiswa

Utang Pinjol Bisa Sulit Masuk Kerja, Simak Tips Terhindar dari Pinjaman Online Bagi Mahasiswa

Penampakan status Akun resmi OJK di Instagram-Instagram@ojkindonesia-

RADARTEGAL- Utang pinjol bisa sulit masuk kerja menjadi salah satu momok yang mulai muncul di kalangan anak muda. Hal ini seiring dengan semakin maraknya penggunaan pinjaman online di kalangan mereka.

Riwayat gagal bayar yang pernah dialami anak-anak muda rupanya menjadi ancaman serius saat mereka hendak melamar pekerjaan. Karena utang pinjol bisa membuat sulit masuk kerja.

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Pihak perusahaan tentunya tidak serta merta membuat kebijakan yang membuat pemilik utang pinjol bisa sulit masuk kerja.

Lalu bagaimana utang pinjol bisa sulit masuk kerja? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

BACA JUGA:Tanpa Ribet, Ini 5 Rekomendasi Aplikasi Pinjol Cepat Cair 24 Jam Resmi OJK

Pinjaman online sekarang memang semakin meningkat. Anak-anak muda pun ikut menggunakan pinjol dan tidak sadar utang pinjol bisa membuat mereka sulit masuk  kerja.

Fenomena utang pinjol di kalangan mahasiswa tampaknya semakin marak. Bahkan sempat heboh soal 5 orang lulusan baru yang ditolak lamaran kerja gara-gara kredit macet.

Kisah tersebut tentunya menjadi pembelajaran bagi para lulusan pencari kerja agar lebih hati-hati saat berurusan dengan pinjaman online. Karena jika sampai mengalami gagal bayar, utang pinjol bisa membuat mereka sulit masuk kerja.

Sasaran anak-anak muda sendiri dalam mencari pinjaman uang bukan lagi pinjaman online. Melainkan Buy Now Pay Later atau BNPL.

BACA JUGA:Dampak Aturan Terbaru OJK, 2 Pinjol dengan Modal Rendah Terpaksa Gulung Tikar

Melihat maraknya hal ini, OJK mulai mengembangkan kapasitas SLIK lebih baik dengan sistem integrasi sehingga berpengaruh pada kinerja SLIK nanti. Riwayat kredit menjadi mudah dilacak dengan cepat.

Tidak hanya itu saja OJK juga berencana membentuk Pusdafil atau Pusat Data Fintech Lending yang bertujuan agar saat pengajuan pinjol terintegrasi dengan SLIK OJK. 

Diketahui, proses persyaratan maupun pencairan ketika mengajukan pinjaman online alias  pinjol  yang mudah dan cepat dimanfaatkan betul oleh masyarakat termasuk mahasiswa. Kelompok debitur yang mendominasi peminjam online berdasarkan laporan statistik Fintech Lending periode Maret 2023 juga didominasi anak muda berusia 19-34 tahun.

Hal yang mengejutkan, dari total pinjaman pada bulan tersebut telah mencapai Rp26 miliar.

BACA JUGA:Begini Modus Penipuan 17 Pinjol yang Diblokir Google, Bisa Curi Semua Data Sensitif

Anak-anak muda, terutama dari kalangan mahasiswa biasanya memilih utang di pinjol untuk keperluan membayar SPP atau kebutuhan lainnya dengan cepat. Namun, kebiasaan utang di pinjol tanpa disadari akan muncul masalah baru.

Mulai dari terlilit utang pinjol legal atau ilegal, hingga utang pinjol bisa sulit masuk kerja. Lalu bagaimana tips terhindar dari utang pinjol bagi mahasiswa agar nanti mudah masuk kerja.

Ada sejumlah tips yang bisa dilakukan seperti mengenali bentuk pinjman hindari gali lubang tutup lubang hingga bisa membedakan keinginan dan kebutuhan. Tidak itu saja, masih ada solusi lain yang bisa dicoba yakni menabung untuk jaga-jaga.

Berikut ini tips terhindar dari utang pinjol

1. Hindari gali lubang tutup lubang

Salah satu hal menghindari masalah utang pinjol bisa sulit masuk kerja dengan  memperhatikan tips terhindar dari pinjaman online bagi mahasiswaPinjaman online memang menyenangkan karena bisa memperoleh uang secara cepat, tetapi bukan berarti utang di semua pinjol dan hindari gali lubang tutup lubang.

BACA JUGA:Ini Aturan Terbaru Pinjol 2024 dan Besaran Bunganya

Hentikan upaya mencari  pinjaman baru untuk melunasi utang baru kemudian. Ada baiknya segera melunasi utang karena utang harus tetap dibayar.  

2. Kenali Bentuk Pinjaman

Tidak hanya menghindari gali lubang tutup lubang, agar mudah nanti mencari kerja, hal penting pastinya mengenali bentuk pinjaman. Karena kerap dijumpai di kalangan mahasiswa tidak melihat dan tidak mengenali bentuk pinjaman, nama, serta status perusahaan fintech legal atau ilegal.

Dampaknya utang pinjol bisa sulit masuk kerja karena gara-gara terlilit utang dan galbay alias gagal bayar.

3. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Di samping mengenali bentuk pinjaman, pastikan dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan, seperti membeli peralatan sekolah kemudian membayar SPP. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang tidak harus dibeli antara lain handphone atau pakaian.

BACA JUGA:Aturan Terbaru Pinjol Menurut OJK 2023, Nasabah hanya Boleh Pinjam di 3 Platform Pinjaman

4. Sisihkan untuk Menabung

Hal penting ketika menghadapi masalah utang pinjol berakibat gagal bayar dengan menyisihkan sejumlah dari pendapatan untuk ditabung. Dalam masalah ini sisihkan bukan sisakan bertujuan investasi atau tabungan masa depan. Sedangkan sisakan diartikan sejumlah uang sisa dari pendapatan dikurangi investasi atau tabungan.

Dari masalah ini bisa disimpulkan perlu adanya catatan pemasukan dan pengeluaran  sebagai cara menghemat dana agar terhindar dari utang pinjol bisa sulit masuk kerja.

Demikian ulasan singkat mengenai masalah utang pinjol bisa sulit masuk kerja beserta tips tips terhindar dari pinjaman online legal dan ilegal. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: