Ini 5 Program SD Mutu Kota Tegal yang Disiapkan Kepala Sekolah Baru

Ini 5 Program SD Mutu Kota Tegal yang Disiapkan Kepala Sekolah Baru

Proses pelantikan Kepala SD Mutu Tegal--

RADAR TEGAL — Kepala Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 (Mutu) Kota Tegal Ina Oktaviana menyiapkan 5 program yang akan dijalankan. Tujuannya, untuk memajukan sekolah yang dipimpinnya itu.

Sebelumnya, Ina Oktaviana secara resmi dilantik sebagai kepala SD. Pelantikan dilkukan oleh Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal (Dikdasmen PNF) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tegal. 

Menurut Kepala SD Mutu Tegal Ina Oktaviana mengatakan program pertama yang disiapkan yakni mengevaluasi program sekolah selama satu semester. Itu, untuk mengakomodasi pertanggungjawaban pengambil kebijakan dan praktik penilaian.

"Di mana di dalamnya para evaluator mengumpulkan data. Sebagai informasi pendukungnya,"katanya.

BACA JUGA:Raih Akreditasi Unggul, SD Mutu Kota Tegal Pertahankan Predikat A

Kedua, kata Ina, meningkatkan kompetensi guru untuk memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang mata pelajaran yang mereka ajarkan. Mereka dapat mengembangkan keahlian dalam bidang mereka, sehingga dapat memberikan pengajaran yang lebih bermutu dan menyenangkan bagi siswa.

“Rencananya, liburan ini kami akan melaksanakan In House Training yang kedua. Walaupun libur tetap belajar,”ujarnya.

Selanjutnya, ujar Ina, mengembangkan kurikulum, yakni proses perencanaan dan penyusunan yang dilakukan pengembang kurikulum (curriculum developer). Serta kegiatan yang dilakukan agar kurikulum yang dihasilkan dapat menjadi bahan ajar dan acuan yang digunakan untuk mencapai tujuan nasional.

"Sedangkan keempat, menyusun program kerja selama empat tahun mendatang. Itu, berisikan tentang seluruh rencana kegiatan sekolah selama empat tahun ke depan,"jelasnya.

BACA JUGA:TOP BANGET! SD Muhammadiyah Pacul Tegal Raih Penghargaan Literasi Nasional

Tujuannya, imbuh Ina, untuk memberikan gambaran secara umum dan sekaligus sebagai acuan sekolah dalam melaksanakan berbagai macam kegiatan. Sementara untuk program kelima, yakni menyusun program pengembangan sekolah. 

Perencanaan pengembangan sekolah (school development planning). Itu, merupakan proses pengembangan sebuah rencana untuk meningkatkan kinerja sebuah sekolah secara berkesinambungan. (*)

Sumber: