Gempa Tegal Bikin Panik, Begini Tips Selamatkan Diri dari Guncangan

Gempa Tegal Bikin Panik, Begini Tips Selamatkan Diri dari Guncangan

Gempa Tegal, Ini Tips Menyelamatkan Diri Dari Guncangan--

RADAR TEGAL - Beberapa jam yang lalu gempa mengguncang Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dengan kekuatan M 4,5. Hal ini sangat meresahkan masyarakat Kabupaten Tegal.

Tepat pada, Jumat 15 Desember 2023, terjadi gempa Tegal yang berpusat pada 34 KM arah Barat Daya Kabupaten Tegal dengan kedalaman 10 KM. Hal tersebut membuat masyarakat harus mengetahui tips menyelamatkan diri dari guncangan gempa.

Oleh karena itu kami akan begikan tips menyelamatkan diri dari guncangan gempa dimanapun Anda berada. Jika Anda penasaran bisa simak artikel ini sampai akhir terutama warga Tegal. 

Bagi Anda warga Tegal bisa simak tips menyelamatkan diri dari guncangan gempa di beberapa tempat. Baca selengkapnya dalam artikel radartegal.disway.id dibawah ini.

BACA JUGA: Getaran Gempa Tegal Rusak 2 Rumah di Salem Brebes, Korban Masih Didata

Tips menyelamatkan diri dari guncangan gempa 

Saat gempa secara umum

1. Jatuhkan tubuh ke bagian tangan dan lutut sebelum gempa bumi menghantam. Posisi ini melindungi kita dari jatuh dan tetap memungkinkan untuk bergerak jika perlu.

2. Cari penutup kepala, leher dan seluruh tubuh jika memungkinkan, yaitu di bawah meja atau meja yang kokoh. Apabila tidak ada tempat berlindung, bergeraklah menuju dinding bagian dalam atau samping furnitur posisi rendah agar tidak tertimpa. Jangan lupa tutupi kepala dan leher menggunakan tangan.

3. Tetap berlindung di tempat sampai guncangan berhenti. Bersiaplah bergerak jika guncangan mulai membuat barang bergeser atau rusak.

Saat gempa berada di dalam rumah

1. Sebelum guncangan semakin kencang, segera jauhi kaca, benda gantung, rak buku atau furnitur besar lainnya yang bisa jatuh. Perhatikan benda yang jatuh seperti batu bata, perlengkapan lampu, hiasan dinding, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Gempa Tegal Malam Ini, Ternyata Getaran Kedua Setelah Selasa Pukul 23.01 WIB

2. Ambil sesuatu terdekat untuk melindungi kepala dan wajah dari puing-puing yang berjatuhan dan pecahan kaca.

Sumber: