Bubur Bakar Khas Tegal, Kuliner Alternatif yang Unik dan Lezat

Bubur Bakar Khas Tegal, Kuliner Alternatif yang Unik dan Lezat

Bubur Bakar Khas Tegal, Kuliner Baru Viral yang Unik dan Lezat-googlemaps-googlemaps

RADAR TEGAL – Bubur bakar khas Tegal menjadi salah satu kuliner yang menarik dan wajib kamu coba jika sedang berkunjung ke Tegal. Sensasi baru makan bubur ini memang bisa disebut sebagai cara baru menyajikan bubur dengan cara dibakar.

Bubur bakar khas Tegal menjadi salah satu sensasi baru makan bubur yang wajib kamu coba, karena rasanya yang khas dan lezat berbeda dengan bubur bakar lain. Kuliner yang bisa dibilang baru ini cukup menarik perhatian banyak orang karena viral di media sosial.

Bubur bakar khas Tegal seperti namanya disajikan dengan cara dibakar dalam clay pot yang bisa membuat bubur tetap hangat ketika disajikan. Mau tau apa saja keunikan dari bubur bakar khas dari  Tegal, baca artikel ini sampai selesai yuk.

Bubur Bakar Khas Tegal Dibakar di Atas Arang

Seperti disebutkan sebelumnya bubur bakar disajikan dalam wadah clay pot yang biasanya dibuat dari tanah liat. Mangkuk clay pot yang sudah terisi bubur kemudian dibakar diatas bungku menggunakan arang selama lima menit.

BACA JUGA: Kulineran Sore di Jl. Raya Penarukan Tegal, Nikmati Aneka Jajanan Tradisional Murah Meriah

Kemudian bubur akan dimasak sampai bagian bawahnya berkerak dan sedikit gosong membuat rasa dari bubur semakin lezat. Biasanya bubur khas Tegal juga menggunakan saus khas seperti saus mongolian yang mempunyai cita rasa pedas dan manis.

Sebagai pelengkap cita rasa bubur biasanya bubur bakar khas Tegal juga diberi tambahan berbagai toping seperti suwiran ayam, telur setengah matang dan bawang goreng. Cara masak yang unik dari bubur bakar ini sukses membuat bubur bakar mempunyai ciri khas yang membuatnya semakin enak.

Kuliner bubur bakar ini ternyata merupakan kuliner sajian kolaborasi bubur khas Jawa yang dipadukan dengan kuliner khas China. Karena bubur merupakan kuliner dari Jawa dan dipadukan dengan cara penyajian menggunakan clay pot dari China.

Harga Bubur Bakar Khas Tegal

Satu porsi bubur bakar ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp. 10 ribu untuk bubur ayam lengkap dengan toping telur dan ayam suwir. Selain itu ada juga jenis bubur bakar yang lain seperti bubur ikan cakalang dan jarung manis yang harganya mulai dari Rp. 17 ribu.

BACA JUGA: Resep Tahu Aci Khas Tegal, Kuliner Legend Kebanggaan Wong Tegal Cocok Dijadikan Ide Bisnis Jualan

Salah satu rekomendasi bubur bakar khas Tegal yang viral adalah kuliner bubur bakar yang dijual di Kampung Badran, Solo. Kuliner bubur bakar Badran berlokasi di warung Mbah Dipa yang berada di Jalan Hasanudin nomor 40, Solo.

Harga bubur bakar Badran di warung Mbah Dipa dibanderol dengan harga Rp. 10.000. Uniknya bubur bakar Badran disajikan dengan tambahan jagung wangi dan ayam panggang merah.

Selain itu ada juga kedai Bubur Artamar yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 15 ribu untuk bubur ayam dengan toping telur. Di kedai bubur Artamar ini kamu juga bisa memesan bubur dengan toping koyor atau otot sapi dengan harga mulai Rp. 20 ribu per porsi.

Nah, itu dia penjelasan singkat tentang bubur bakar khas Tegal yang merupakan kuliner viral di Tegal. (*)

Sumber: