Seputar Fakta dan Mitos Pantai Parangtritis, Jadi Inspirasi Lagu Didi Kempot

Seputar Fakta dan Mitos Pantai Parangtritis, Jadi Inspirasi Lagu Didi Kempot

Mitos Pantai Parangtritis--

RADAR TEGAL - Banyak wisata yang emmiliki cerita mistis dan masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Salah satunya adalah mitos Pantai Parangtritis.

Pantai tersebut sangat populer dan sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun ternyata ada beberapa mitos Pantai Parangtritis yang belum banyak orang ketahui.

Kami akan membagikan cerita mistris dan mitos Pantai Parangtritis yang dapat Anda simak. Oleh karena itu jika Anda penasaran bisa simak artikel ini sampai selesai ya.

Berikut 5 mitos Pantai Parangtritis yang dapat Anda baca dalam artikel radartegal.disway.id dibawah ini.

BACA JUGA:4 Mitos Terkenal di Bendungan Jati Gede, Ada Ular Raksasa hingga Kepiting Putih

Mitos pantai Parangtritis

1. Asal-Usul Nama 

Nama "Parangtritis" memiliki banyak cerita sejarah dan mitos yang melekat. Berasal dari kata "Parang" yang berarti batu dan "Tritis" yang berarti tetesan air.

Konon, nama ini berasal dari seorang pelarian dari Kerajaan Majapahit bernama Dipokusumo, yang saat sedang bersemedi melihat banyak tetesan air jatuh dari celah-celah batu karang. 

Dari situlah pantai ini diberi nama Parangtritis. Artinya air yang menetes dari batu.

2. Legenda Nyai Roro Kidul 

Pantai Parangtritis terkait erat dengan legenda tentang Nyi Roro Kidul yang masih melekat kuat hingga saat ini. Banyak masyarakat setempat mempercayai bahwa pantai ini adalah gerbang menuju Kerajaan gaib Nyi Roro Kidul.

BACA JUGA:6 Rahasia Mitos Gunung Bromo Ini Jarang Ada yang Tahu, Nomor 4 Paling Serem

Salah satu mitos yang populer adalah larangan memakai baju berwarna hijau saat berenang atau bermain air di Pantai Selatan karena Nyi Roro Kidul menguasai laut selatan dan sangat menyukai warna hijau. 

Sumber: