Kenali Perbedaan dari TV LED dan LCD, Paling Urgent Mempunyai Masa Pakai Lebih Lama

Kenali Perbedaan dari TV LED dan LCD, Paling Urgent Mempunyai Masa Pakai Lebih Lama

Kenali Perbedaan dari TV LED dan LCD (pict:istockphoto)--

RADAR TEGAL - Tau kah Anda ternyata TV LED dan LCD itu berbeda loh! Walaupun sama - sama berbentuk tipis dan lebar namun punya banyak perbedaan di dalamnya. TV LED merupakan singkatan dari Light Emitting Diode yang mana dalam TV ini punya semikonduktor dan menghasilkan cahaya pada bagian belakang layarnya.

Tujuan TV LED menggunakan LED adalah agar memunculkan cahaya pada balik layar serta menghasilkan gambar nantinya. 

Berbeda dengan TV LED, LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display yang mana basis dasarnya mengimplementasikan teknologi berupa lapisan cairan kristan pada bagian tengah 2 panel kacanya. Adanya cairan kristal diketahui bertugas sebagai media yang akan melakukan pemblokiran cahaya ketika diberi arus listrik sehingga akan menciptakan gambar.

Tentunya kedua jenis TV ini berbeda ya guys, yuk kita simak apa saja sih perbedaan TV LED dan LED. Benarkah salah satu jenis dari Tv tersebut punya masa pakai lebih lama?

BACA JUGA: 7 Rekomendasi TV Android Ukuran 43 Inch Terbaik Harga Terjangkau, Bikin Pengalaman Menonton Makin Luar Biasa

Beda TV LED dan LCD

1. Teknologi 

Pertama, perbedaan tersebut terlihat pada teknologi yang digunakan. Untuk TV LED seperti namanya sudah pasti menggunakan LED untuk pencahayaannya.

Untuk peletakkan LED biasanya berada pada bagian pinggiran televisi atau bahkan belakang layarnya. TV model LED punya ukuran yang lebih tipis jika dibandingkan dengan TV LCD, hal tersebut karena TV LCD menggunakan CCFL.

Dimana CCFL ini memang punya ukuran yang tebal. Namun TV LED juga punya keunggulan sendiri jika dibanding dengan LCD, yang mana LED dikatakan dapat mengeluarkan cahaya yang lebih maksimal, bisa lebih lama penggunaannya, serta bisa diatur sendiri.

2. Resolusi dan kualitas

Kedua, perbedaan dari TV LED dan LCD terlihat pada resolusi dan juga kualitasnya. TV LED diketahui punya resolusi lebih maksimal yang membuatnya mampu menghasilkan tayangan yang lebih jelas dan tajam.

BACA JUGA: 4 Fitur Unggulan Smart TV Samsung 32 Inchi, Televisi Pintar Terbaik di Kelasnya

Selain itu TV LED tentunya lebih unggul jika dibandingkan dengan kualitas warna dari tayangan yang dihasilkan. 

Sumber: