Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Cepat, Dijamin Ampuh dan Tetap Seksi

Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Cepat, Dijamin Ampuh dan Tetap Seksi

Cara Atasi Bibir Kering Dengan Cepat Dijamin Ampuh!-pexels.com/Karolina-pexels.com/Karolina

RADAR TEGAL – Cara mengatasi bibir kering ini bisa kamu coba agar terhindar dari masalah bibir yang kering dan mengganggu. Walaupun sebenarnya kamu bisa menggunakan lipstik namun itu hanya cara sementara saja.

Cara mengatasi bibir kering pastinya membutuhkan perawatan dan perhatian khusus termasuk menggunakan beberapa produk khusus untuk bibir kering. Dengan perawatan khusus tersebut kamu bisa mengatasi bibir kering secara permanen.

Apalagi biasanya masalah bibir kering ini muncul karena alasan tertentu, misalnya karena bibir kehilangan kelembapan dan membuat bibir pecah-pecah. Cara mengatasi bibir kering sampai pecah-pecah harus kamu ketahui segera agar tidak memperparah kondisi bibir.

Simak berikut ini cara mengatasi bibir kering dengan cepat agar kamu tidak terganggu oleh masalah bibir yang kering dan pecah :

1. Minum Banyak Air

Mencukupi minum air setiap hari adalah cara termudah mengatasi bibir kering. Biasanya kekurangan cairan dalam tubuh dapat membuat bibir kamu kering, pecah-pecah bahkan sampai mengelupas.

BACA JUGA: Cara Melakukan CSM dalam Memakai Skincare, Tips Perawatan Wajah Cepat Glowing ala Jepang

Pastikan untuk minum air dalam jumlah yang cukup setidaknya 8 gelas sehari, agar kulit dan bibir KAMU terhindar dari dehidrasi. Jumlah cairan yang dibutuhkan tubuh ini dapat bervariasi tergantung pada aktivitas harian kamu.

Misalnya saat berolahraga kamu akan membutuhkan acupan air lebih banyak daripada saat kamu tidak berolahraga.

2. Jangan Membasahi dan Mengelupas Bibir yang Kering

Kamu mungkin berpikir dengan menjilat bibir bisa menjadi cara untuk mengatasi bibir kering. Namun ternyata membasahi bibir dengan air ludah hanya memberikan kelembaban sementara dan pada akhirnya hal ini malah dapat membuat bibir lebih cepat kering.

Hal ini karena air liur yang membasahi bibir akan cepat menguap dan membuat bibir cepat kering kembali. Selain itu sebaiknya kamu juga menghindari untuk mengelupas bagian-bagian bibir yang kering.

Kebiasaan itu bisa menyebabkan bibir terluka, berdarah dan menyebabkan peradangan sampai infeksi saat bibir terkelupas dan menimbulkan luka.

3. Menggunakan Lip Balm

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya adalah dengan menggunakan lip balm, yang dapat menjaga bibir tetap lembap. Lip balm biasanya mengandung bahan seperti petroleum, beeswax, atau minyak yang dapat melindungi bibir dari angin, udara dingin, atau kekeringan.

BACA JUGA: Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil, Harus Selektif Supaya Tak Iritasi

Kandungan emolien dan vitamin dalam lip balm juga berfungsi untuk melembutkan dan memberikan nutrisi pada bibir agar tetap segar dan tidak kering. Beberapa lip balm juga mempunyai kandungan SPF, seperti SPF 30 untuk melindungi bibir dari sinar matahari.

4. Pilih Lipstik yang Tidak Menyebabkan Bibir Kering

Kandungan alkohol dalam produk lipstik, seperti pada lipstik matte atau lipstik tahan lama, biasanya cenderung mengurangi kelembapan bibir kamu karena alkohol dapat cepat menguap. Walaupun begitu alkohol merupakan salah satu unsur penting dalam produk lipstik.

Untungnya beberapa produsen menggunakan alkohol dari tanaman yang berfungsi sebagai emolien atau senyawa yang dapat melembutkan bibir. Beberapa lipstik juga sudah mengandung bahan tambahan yang mirip dengan lip balm, sebagai salah satu cara mengatasi bibir kering untuk memberikan kelembapan.

5. Pilih Skincare yang Tepat

Produk perawatan wajah biasanya mengandung bahan kimia untuk mengangkat lapisan kulit mati atau mengeringkan jerawat. Perlu kamu ketahui bahwa bibir memiliki lapisan yang lebih tipis dibandingkan dengan lapisan kulit pada wajah kamu.

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah! Ini 7 Urutan Menggunakan Skincare yang Benar, Lakukan Rutin Bisa Bikin Wajah Glowing

Artinya  jika bibir kamu terpapar bahan kimia dari skincare maka kemunginan bibir kamu akan menjadi kering. Sebaiknya oleskan petroleum jelly atau lip balm pada bibir kamu untuk menghalangi bibir dari paparan bahan kimia tersebut.

Nah, itulah cara mengatasi bibir kering yang bisa kamu lakukan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan bahan alami yang melembabkan seperti lidah buaya dan madu. (*)

Sumber: