Hadapi Musim Hujan, Pemkot Tegal Siapkan 4 Pompa Air

Hadapi Musim Hujan, Pemkot Tegal Siapkan 4 Pompa Air

Uji coba pompa air yang disiapkan untuk hadapi musim hujan--

RADAR TEGAL - Persoalan banjir kerap datang seiring dengan datangnya musim hujan. Karenanya, untuk mengatasinya, Pemkot Tegal menyiapkan sejumlah pompa air dengan kapasitas yang cukup besar.

Pompa air itu, ditempatkan di 2 rumah pompa yang lokasinya di Kelurahan Sumurpanggang dan Kaligangsa. Harapannya, ketika terjadi banjir maupun genangan saat musim hujan, bisa segera tertangani. 

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tegal Heru Prasetya mengatakan pembangunan rumah pompa di Kelurahan Sumurpanggang, hampir selesai. Namun, 2 pompa air sudah disiapkan di lokasi tersebut untuk mengantisipasi banjir yang terjadi akibat musim hujan.

"Meski kontrak sampai 22 Desember 2023, kami dorong kepada pihak kontraktor untuk dipercepat. Minimal, pompa air sudah bisa difungsikan, harapannya saat menghadapi musim hujan dan curah hujan yang semakin tinggi persoalan banjir di sekitar kecamatan Margadana bisa teratasi,"katanya.

BACA JUGA:Cek Rumah Pompa dan Banjir di Kota Lama Semarang, Ganjar Pastikan Semua Berfungsi

Menurut Heru, meskipun belum serah terima, namun pompa air sudah bisa difungsikan saat kondisi urgent. Di lokasi tersebut, sudah disiagakan 2 pompa dengan kapasitas masing-masing 250 liter per detik. 

"Kalau dioperasionalkan secara bersamaan maka mampu menyedot air hingga 500 liter per detik. Sehingga, persoalan banjir bisa segera tertangani,"tandasnya.

Selain di lokasi itu, imbuh Heru, pihaknya juga menyiapkan 2 pompa lagi di Kelurahan Kaligangsa. Masing-masing pompa juga memiliki kapasitas yang sama yakni 250 liter per detik tiap pompanya.

"Kami menyampaikan terimakasih kepada Walikota, DPRD, Komisi III sehingga rumah pompa ini bisa terealisasi tahun ini. Harapannya persoalan banjir di Kota Tegal akibat musim hujan segera teratasi,"pungkasnya. (*)

Sumber: