Pemilu 2024, Dandim 0713/Brebes Ingatkan Anggotanya untuk Netral

Pemilu 2024, Dandim 0713/Brebes Ingatkan Anggotanya untuk Netral

Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Sapto Broto.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Sapto Broto mengingatkan anggotanya untuk netral di Pemilu 2024 mendatang. Itu disampaikannya saat acara Ngopi Bareng Jurnalis Brebes, di Markas Kodim Brebes, Rabu 6 Desember 2023.

"Anggota TNI harus netral, tidak boleh berpihak kepada salah satu calon," ujarnya saat diwawancarai awak media.

Menurutnya, seluruh prajurit TNI harus bersikap netral dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024. Ini agar pelaksanaan pesta demokrasi bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Lebih lanjut, Dandim juga menegaskan kalau anggota TNI tidK boleh mengarahkan keluarganya untuk mendukung calon peserta pemilu tertentu. Meskipun keluarga anggota TNI tetap punya hak memilih. 

BACA JUGA:Masa Kampanye, Bawaslu Brebes Awasi Konten di Medsos

"Anggota TNI bahkan tidak boleh mengarahkan keluarganya. Sehingga TNI selalu menjaga konsudifitas berjalannya Pemilu yang langsung, umum, bebas dan rahasia," ujarnya. 

Dirinya juga telah menginstruksikan jajarannya hingga Komando Rayon Militer (Koramil) untuk tetap bersikap netral. Serta, tempat-tempat di lingkungan TNI juga tidak diperbolehkan untuk berkampanye calon tertentu.

Bagi anggota yang melanggar, ada sanksi tegas yang bisa dijatuhkan. 

"Anggota yang terbukti tidak netral, sudah ada posko pengaduan untuk diproses secara hukum berlaku," tegasnya. 

BACA JUGA:Kampanye Pemilu 2024 di Perguruan Tinggi Bolehkah? Simak Penjelasan KPU Berikut

Dan dirinya mengimbau kepada masyarakat agar dapat mengikuti pesta demokrasi dengan aman dan lancar.

"Termasuk acara ngopi bareng bersama insan wartawan, agar terjalin sinergitas hubungan yang lebih baik. Dalam agama, istilahnya silaturahmi, seduluran, saling menyapa dan berkomunikasi," pungkasnya. (*)

Sumber: