Walikota Tegal Hadiri Rakor Forkopimda Jateng Jelang Natal dan Tahun Baru

Walikota Tegal Hadiri Rakor Forkopimda Jateng Jelang Natal dan Tahun Baru

Walikota Tegal bersama Pj Gubernur Jateng saat menghadiri rakor persiapan Natal dan tahun baru--

RADAR TEGAL - Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono menghadiri rapat koordinasi Forkopimda Provinsi Jawa Tengah yang berlangsung di Semarang, Selasa 5 Desember 2023. Rakor tersebut membahas persiapan pengamanan saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

Pj. Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana dalam sambutannya menyampaikan terkait masalah Natal dan Tahun Baru. Di mana ada potensi ancaman kondusifitas wilayah.

"Potensi ancaman antara lain aksi teror tempat ibadah, perkelahian warga, razia atribut natal dan encurian rumah kosong. Selain itu, penggunaan petasan berbahaya serta gangguan kamtibmas dimasa kampanye yang terjadi saat ini,"katanya.

Menurut Nana, hal itu perlu diantisipasi dengan melakukan pengamanan. Seperti di tempat ibadah, tempat wisata dan objek vital lainnya menjelang natal dan tahun baru.

BACA JUGA:Waspada Lonjakan Inflasi Menjelang Natal dan Tahun Baru 2024, Pj Gubernur Jateng: Biasanya Naik

Selanjutnya, kata Nana, prediksi nasional, akan terjadi pergerakan masyarakat sebesar 107,63 juta orang. Jumlah itu, diperkirakan mengalami peningkatan sebanyak 143,65 persen dari 2022.

"Jawa tengah menjadi daerah tujuan perjalanan terbesar yaitu 13,80 persen atau sekitar 14,8 juta jiwa. Juga menjadi salah satu daerah asal terbesar 13,21 persen yang akan berlangsung sejak 12 Desember 2023 - 4 Januari 2024,"ujarnya.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfhi menyampaikan dalam rangka perayaan Natal dan tahun baru, pihaknya akan melaksanakan operasi lilin candi yang akan dilaksanakan pada 22 Desember 2023 - 2 Januari 2024. 

"Operasi Ini adalah timeline yang sudah ditentukan oleh Mabes Polri. Untuk di Jateng akan melibatkan 14.853 personil dan tersebar di masing-masing pos pam, pos yan dan pos terpadu," ujar Irjen Pol Ahmad Luthfi.

BACA JUGA:Waspada Lonjakan Inflasi Menjelang Natal dan Tahun Baru 2024, Pj Gubernur Jateng: Biasanya Naik

Adapun Pangdam IV/Diponegoro melalui Kasdam Brigjen TNI Ujang Darwis mengatakan guna menjaga kondusifitas, pihaknya menyiapkan beberapa perencanaan. Antara lain, pasukan BKO Polres yang berssal dari cadangan satuan tempur maupun bantuan tempur, serta tugas pasukan pengamanan. (*)

Sumber: