Personel Polisi di Tegal Berlatih Cara Memadamkan Api Pakai Alat Ini

Personel Polisi di Tegal Berlatih Cara Memadamkan Api Pakai Alat Ini

Polisi di Tegal belajar cara memadamkan api dengan APAR--

RADAR TEGAL - Sejumlah anggota polisi dari Polres Tegal Kota berlatih cara memadamkan api dengan beberapa metode. Itu, dilakukan mereka saat mengikuti simulasi penanganan kebakaran yang digelar Jumat 1 November 2023 siang.

Simulasi cara memadamkan api tersebut sengaja Polres gelar untuk meningkatkan kemampuan anggota. Utamanya, dalam penanganan kebakaran yang bisa saja terjadi.

Kapolres Tegal Kota melalui Kabag SDM Kompol Pujiningsih, mengatakan latihan cara memadamkan api, merupakan sarana untuk meningkatkan kemampuan anggota. Utamanya, tentang penanganan kebakaran dan penggunaan APAR.

"Kegiatan ini merupakan sarana untuk meningkatkan kemampuan anggota. Terutama dalam penanganan kebakaran menggunakan APAR,"katanya.

BACA JUGA:115 Kebakaran Lahan Terjadi di Kabupaten Brebes Selama Januari-Oktober

Menurut Kompol Pujiningsih, dalam simulasi tersebut pihaknya menggunakan 2 metode pemadaman api. Yakni, menggunakan karung dan APAR.

"Kebakaran merupakan salah satu jenis keadaan darurat yang berpotensi menjadi bencana bisa terjadi di mana dan kapan saja. Karenanya, ketenangan dan kewaspadaan menjadi poin penting dalam mengontrol dan mengantisipasi agar tidak meluas,"tandasnya.

Selanjutnya, Kompol Pujiningsih berharap seluruh personel Polres Tegal Kota mampu dan memahami cara penggunaan APAR. Sehingga, bila terjadi situasi kontijensi maka tidak merasa bingung dan mahir untuk menggunakannya.

Instruktur pelatihan, Iptu Rushendro mengingatkan akan pentingnya mengenali sumber ancaman terjadinya kebakaran sebagai upaya antisipasi. Seperti, sumber listrik dan kompor gas, yang selama ini mendominasi jadi penyebab kebakaran.

BACA JUGA:Kebakaran Lahan Kosong di Tegal yang Nyaris Merembet ke Rumah Warga Diduga Karena Ini

"Selain itu, perlu memperhatikan kesiapan mental para personel ketika menangani kebakaran. Tidak perlu panik atau gugup saat memadamkan api,"ujarnya.

Sebab, imbuh Iptu Rushendro, ada 2 cara memadamkan api yang bisa dilakukan. Yakni, menggunakan karung goni atau kain handuk yang sudah dibasahi dan pemadam api ringan atau APAR. (*)

Sumber: