E-Toll Diganti MLFF Mulai 2024, Berikut Perbedaan dan Cara Pakainya

E-Toll Diganti MLFF Mulai 2024, Berikut Perbedaan dan Cara Pakainya

E-Toll Diganti MLFF Mulai 2024, Berikut Perbedaan dan Cara Pakainya-pexels.com/ArafKhan-pexels.com/ArafKhan

RADAR TEGAL – Pemerintah telah membuat peraturan baru mengenai E-Toll diganti MLFF mulai tahun 2024 mendatang. Saat ini pengguna jalan toll biasanya menggunakan e-toll atau kartu tol untuk membayar biaya saat menggunakan jalan tol di Indonesia.

Peraturan baru mengenai e-toll diganti MLFF pada tahun 2024 ini merupakan kabar baik bagi para pengguna jalan tol. Pasalnya MLFF merupakan upgrade dari fitur e-toll yang kabarnya bisa semakin memudahkan pembayaran tol saat berkendara.

Biasanya kartu tol sendiri digunakan untuk membayar dengan menempelkan kartu saat membayar tol. Sistem pembayaran e-toll diganti MLFF akan semakin mempercepat proses pembayaran jalan tol yang nantinya tidak akan menggunakan sistem tapping lagi.

Perbedaan E-Toll Diganti MLFF

MLFF sendiri merupakan singkatan dari Multi Lane Free Flow yang dapat digunakan untuk transaksi pembayaran tol menggunakan teknologi nirsentuh. Pemerintah sebelum menetapkan e-toll diganti MLFF memang sudah menerapkan sistem MLFF ini pada seluruh jalur gerbang tol di Indonesia.

BACA JUGA:Tidak Menggunakan e-toll Lagi, Ini 4 Perbedaan dan Keunggulan MLFF yang Akan Dicoba Tahun 2024

BACA JUGA:Apa Perbedan E-Toll dan MLFF, Mulai Tahun 2024 Pengendara Masuk Jalan Toll Tanpa Kartu?

Sebenarnya baik e-toll maupun MLFF sama-sama tidak menggunakan uang tunai untuk melakukan proses pembayaran jalan tol. Namun penggunaan MLFF tentunya lebih memudahkan pengendara yang tidak perlu lagi berhenti dan membuka kaca untuk menempelkan kartu e-toll.

Dengan hadirnya teknologi MLFF ini semua kendaraan yang melewati pintu tol akan terpotong secara otomatis tanpa pengendara harus berhenti terlebih dahulu. Pengendara hanya perlu melakukan pengisian saldo pada aplikasi khusus yang nantinya bisa dipasang pada smarthphone.

Menurut pemerintah penetapan e-toll diganti MLFF ini akan mempercepat waktu transaksi lebih cepat menjadi hanya 0 detik. Artinya pengendara tidak perlu lagi berhenti dan membuat antrian panjang saat melewati gerbang tol.

Perbedaan dari e-toll dan MLFF ini dapat terlihat jelas pada sistem kerjanya yang berbeda dari kedua metode pembayaran jalan tol tersebut. Untuk e-toll menggunakan kartu fisik sementara MLFF hanya membutuhkan aplikasi yang terpasang pada smartphone pengendara.

BACA JUGA:MLFF Bakal Gantikan Peran Kartu E-Toll Awal Tahun Depan, Begini Mekanismenya

BACA JUGA:Perbedaan dan Sistem Kerja MLFF Pengganti Kartu e-Toll, Jadi Makin Praktis!

Cara Kerja MLFF

MLFF sendiri sudah menerapkan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) yang bisa melakukan transaksi dari aplikasi untuk dibaca melalui satelit. Nantinya perangkat yang bisa digunakan transaksi nirsentuh tersebut akan disebut dengan Electronic On Board Unit (E-OBU).

Agar pengendara bisa menggunakan pembayaran e-toll diganti MLFF maka semua pengendara harus mengaktifkan terlebih dahulu E-OBU. Jika E-OBU sudah diaktifkan maka secara otomatis GPS akan menentukan posisi pengendara melalui satelit.

Setelah itu akan terjadi proses map-matching atau pencocokan peta pada pusat sistem, proses ini dilakukan dengan aplikasi CANTAS. Namun sebelumnya kamu harus pastikan saldo pada aplikasi CANTAS cukup untuk digunakan membayar tol saat berkendara.

Maka dari itu pengguna jalan tol harus mengunduh aplikasi CANTAS kemudian melakukan registrasi kendaraan sampai data diri. Kamu juga harus mengisi saldo aplikasi CANTAS setelah proses registrasi kendaraan selesai.

BACA JUGA:Bayar Tol Tanpa Tempelkan E-Toll Mulai Akan Diuji Coba, Perjalanan Semakin Singkat

BACA JUGA:Semakin Cocok untuk Gen Z, Honda BeAT CBS 2023 Dilengkapi 10 Varian Warna yang Keren

Pada aplikasi nantinya juga akan terdapat fitur  Electronic Route Ticket yang bisa membuat pengguna dapat memilih titik masuk dan keluar sesuai rute perjalanan yang diinginkan. Menurut Kementerian PUPR dengan penggunaan MLFF ini pengguna jalan tol bisa membayar tol dengan mudah, tanpa hambatan, aman dan nyaman.

Perlu diketahui sudah banyak negara-negara di Eropa timur yang menerapkan sistem pembayaran jalan tol menggunakan MLFF. Indonesia sendiri akhirnya pemerintah menetapkan e-toll diganti MLFF dan sudah bisa digunakan untuk membayar tol pada tahun 2024 mendatang. (*)

Sumber: