Kenalin Nih 'Veronika', Aplikasi yang Diluncurkan DPU Dalam Optimalkan RAB di UPTD PU Tanjung

Kenalin Nih 'Veronika', Aplikasi yang Diluncurkan DPU Dalam Optimalkan RAB di UPTD PU Tanjung

Sekdin PU saat melaunching Aplikasi Veronika, Rabu 29 November 2023 di aula dinas setempat.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Guna mengoptimalkan layanan verifikasi gambar ddan RAB di Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pekerjaan Umum (PU), dinas terkait meluncurkan Aplikasi Verifikasi Online Seketika (Veronika), Rabu 29 November 2023. Launching dibuka langsung oleh Kepala DPU Brebes Sutaryono 

Leader Project sekaligus Kepala UPTR PU wilayah Tanjung Rojikin mengatakan, aplikasi ini diluncurkan dalam mengoptimalkan layanan verifikasi gambar ddan RAB di UPTD PU wilayah Tanjung. Di mana, saat ini, sistem manajemen dan mekanisme pelayanan belum adanya standar operasional prosedur (SOP).

"Jadi, adanya Aplikasi Veronika ini guna mewujudkan pelayanan publik yang prima dan menerapkan core value BerAkhlak pada pelayanan verifikasi gambar dan RAB di UPTD wilayah Tanjung," ujarnya.

Selain itu, ada beberapa tujuan dalam menejemen Aplikasi Veronika. Diantaranya, sistem tata kelola pelayanan verifikais gambar dan RAB dari desa yang meliputi SOP, kelembagaan verifikasi dan Aplikasi Veronika berbasis website. Selain itu, verifikasi gambar dan RAB lebih cepat, mudah efektif, efesien dan berkualitas. Saat ini, bagi para pengguna layanann Veronika sudah dapat diakses melalui link :https://dpu.brebeskab.go.id/veronika/.

"Sistem informasi Veronika dengan fitur pengarsipan yang sistematis, tersedia informasi status permohonan dan rekapitulasi info grafis status permohonan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala DPU Brebes Sutaryono didampingi Sekdin DPU Brebes Dani Asmoro yang juga sebagai mentor menyambut baik dengan pelaunchingan aplikasi tersebut. Menurutnya, lewat aplikasi Veronika layanan publik bisa lebih cepat. "Terutama layanan verifikasi gambar dan RAB. Sehingga, pemohon tidak usah datang langsung ke kantor. Jadi bisa lewat online," ucapnya.

Dia menambahkan, bagi pengguna layanan aplikasi ini dapat memudahkan pengajuan permohonan dan pemantauan status pemohon. Efisiensi waktu permohonan pelayanan verifikasi gambar dan RAB.

"Selain itu, aplikasi ini juga mencegah terjadinya deviasi atau penyimpangan sejak dini. Serta untuk menghindari kesalahan-kesalahan pada tahap pelaksanaan pekerjaan," ucapnya.

Launcing dan sosialisasi Veronika dihadiri dinas terkait, camat dan kepala desa di wilayah kerja UPTD Wilayah Tanjung. Kepala Desa Kubangputat, Kecamatan Tanjung Suharjo mewakili para kepala desa menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik launcing aplikasi ini. Dia berharap aplikasi ini dapat lebih memudahkan pihaknya dalam mengajukan permohonan verifikasi gambar dan RAB rencana kegiatan pembangunan infrastruktur di wilayahnya.(*)

Sumber: