Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Antara Paylater dan Kartu Kredit

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Antara Paylater dan Kartu Kredit

Transaksi Paylater-freepik.com-

RADARTEGAL- Serupa tapi tak sama, ungkapan itu mungkin cocok untuk menggambarkan penggunaan paylater dan kartu kredit. Keduanya, sama-sama mengusung belanja sama bayar nanti.

Meski memiliki kesamaan, namun Paylater dan Kartu Kredit memiliki perbedaan diantara keduanya. Hal itu, dapat terlihat dari beberapa hal yang akan kami sampaikan berikut ini.

Bagi Anda yang bingung memilih antara paylater dan kartu kredit, ada baiknya simak tulisan berikut ini. Sehingga, Anda bisa mempertimbangkan keputusan yang sesuai dengan kondisi keuangan anda.

Sebelum membahas perbedaan antara paylater dan kartu kredit, ada baiknya simak gambaran keduanya. Jadi, tanpa berlama-lama langsung saja simak artikel berikut.

Kemiripan

Kalau  dilihat manfaatnya memang kartu kredit memberikan fee pembayarannya bebas bunga. Sedangkan paylater masih berupa utang pengajuan lebih mudah.

Sehingga banyak yang menganggap keduanya sama. Lantaran kemudahan proses pengajuan.

Dibandingkan kartu kredit, paylater menjadi daya tarik konsumen sehingga banyak penggemarnya dan disukai oleh masyarakat. Walaupun demikian, belum tentu produk layanannya lebih aman atau lebih baik.

BACA JUGA:Cara Aktivasi Tokopedia PayLater Terbaru, Belanja Akhir Tahun Murah Meriah Pakai Promo KESAMBER 12.12

Perbedaan Paylater dan Kartu Kredit

Sesudah melihat cara kerjanya paylater –kartu kredit mempunyai persamaan yaitu beli dulu bayer nanti. Tetapi ada perbedaan terletak kecepatan melunasi utang.

Karena dalam hal ini sama saja membayar dengan menyicil. Kemudian yang lebih tahu kapan akan melunasinya adalah nasabah sendiri.

Kalau kartu kredit dalam cara pengembalian atau pembayaran dana harus mengambil pendekatan lebih proaktif. Meski begitu kartu kredit memberikan flexsibilitas dalam memilih berapa jumlah dana yang akan dibayar setiap bulan dengan asumsi batas minimum.

BACA JUGA:Cara Mengenali Pinjol Legal dengan Mudah, Perhatikan Ciri-cirinya Jangan Salah Pilih!

Masih banyak lagi keunggulan kartu kredit dapat membantu meningkatkan skor kredit. Bahkan dari kartu kredit memberi jaminan keamanan jika ada penipuan.

Proses Pengajuan

Perbedaan mencolok lainnya antara kartu kredit dan paylater pada bagian proses pengajuan. Paylater cukup mudah dapat dilakukan kapan saja terpenting akses internet kemudian KK, KTP,NPWP.

Sedangkan pengajuan kartu kredit lebih sulit. Karena harus mengurus ke kantor bank dengan membawa NPWP, KTP,slip gaji sampai KK.

Tenor Waktu Pinjaman

Perbedaan lainnya terletak pada tenor waktu pinjaman. Paylater dengan waktu 12 bulan atau 1 tahun,sedangkan kartu kredit 24 bulan.

Dilihat dari tenor waktu pinjaman tampaknya kartu kredit keunggulan. Lebih baik karena memiliki jangka waktu pembayaran cicilan lebih lama daripada paylater.

Limit Pinjaman

Limit pinjaman pada paylater jumlah pinjaman lebih kecil dan terbatas tergantung penggunanya masing-masing. Sementara limit pinjaman kartu kredit lebih besar daripada paylater lantaran disesuaikan slip gaji bulanan yang dilampirkan sebagai syarat pengajuan kartu kredit.

BACA JUGA:Berapa Denda Keterlambatan Pembayaran Shopee PayLater? Begini Cara Mengurangi Bayaran Dendanya

Biaya Tambahan

Tidak hanya limit pinjaman yang berbeda jauh tetapi juga bunga atau biaya tambahan. Selain angsuran pokok seperti biaya tambahan per transaksi pinjaman berlaku.

Paylater menerapkan denda jika terlambat membayar. Sedangkan kartu kredit tidak ada biaya tambahan, sehingga dalam hal ini kartu kredit lebih baik.

Bunga Setiap Bulan

Kalau masalah bunga keduanya menerapkan bunga perbulan sebesar 1,73%. Sesuai dengan ketetapan Bank Indonesia di tahun 2023.

Sedangkan paylater bunga 2,25%-4% perbulannya. Meski demikian, cara pengelolanya berbeda jauh dari kartu kredit bank, sementara paylater disediakan perusahaan fintech.

Fasilitas yang Ditawarkan

Masih banyak perbedaan lain antara paylater dan kartu kredit yakni fasilitas yang ditawarkan beragam dan menarik. Fasilitas tersebut bisa berbentuk discon,cashback sampai promo kemudian berlaku jika pengguna memakai kartu kredit.

Masa discon berlangsung apabila pengguna belanja langsung pada merchant bekerja sama dengan perusahaan di mall supermarket atau restoran. Sementara cashback akan diberikan bertujuan menambah limit atau bisa juga meringankan tagihan kartu kredit.

BACA JUGA:Cara Aktivasi Tokopedia PayLater Terbaru, Belanja Akhir Tahun Murah Meriah Pakai Promo KESAMBER 12.12

Sedangkan, cashback paylater berlaku waktu terbatas pada waktu atau event-event tertentu. Seperti pada saat moment akhir tahun.

Kesimpulan

Akhir-akhir ini paylater sedang booming tidak heran perbankan ikut serta mengeluarkan produk paylater dengan beragam keunggulan. Meski paylater banyak kelebihan tetap saja ada yang menganggap paylater mirip kartu kredit.

Jika anda ingin memilih di antara keduanya, ada baiknya cek kondisi keuangan Anda. Sehingga, nantinya tidak menjadi persoalan bagi anda.

Itulah ulasan mengenai paylater yang mirip kartu kredit. Selain perbedaan keduanya juga memiliki persamaan. (*)

Sumber: