Pinjam Uang di Pegadaian Tanpa Jaminan KUR Syariah, Solusi Alternatif Terbaik Selain Pinjol

Pinjam Uang di Pegadaian Tanpa Jaminan KUR Syariah, Solusi Alternatif Terbaik Selain Pinjol

Kur Syariah Pegadaian-Instagram@pegadaiansyariahpusat-

RADARTEGAL- Ketika kebutuhan mendesak datang, mencari sumber pinjaman terpercaya menjadi salah satu solusi yang harus dilakukan. Salah satunya dengan pinjam uang di Pegadaian tanpa jaminan KUR Syariah

Pinjam uang di Pegadaian tanpa jaminan KUR Syariah membantu masyarakat yang sedang membutuhkan memenuhi kebutuhan dari renovasi rumah hingga biaya pendidikan.

Dalam beberapa kondisi, terkadang kita dihadapkan pada kebutuhan yang harus segera dipenuhi dan membutuhkan pinjaman. Sayangnya, tidak jarang tidak memiliki benda berharga sebagai jaminan.

Saat kondisi seperti ini bisa datang ke Pegadaian yang menyediakan program pinjam uang di Pegadaian tanpa jaminan KUR Syariah. Pegadaian sebagai  perusahaan BUMN memberi kemudahan bagi nasabah dengan menawarkan program KUR Syariah.

BACA JUGA:5 Pinjol Resmi OJK 2023 dengan Pilihan Bunga Rendah yang Cocok untuk Warga +62, Yuk Kepoin

Hal ini tentunya menjadi alternatif yang lebih baik dari pinjol yang memberi bunga tinggi sedangkan Pegadaian tidak ada bunga tinggi karena bisa dibayar kapan pun sesuai kemampuan.

Dengan mengajukan jaminan barang berharga seperti emas, barang elektronik hingga BPKB kendaraan sudah dapat pinjaman langsung cair.

KUR Syariah Tanpa Jaminan

Tidak hanya menggadaikan dan menjual emas, barang elektronik hingga BPKB, Pegadaian juga menawarkan produk UMKM KUR Syariah tanpa jaminan

KUR Syariah Pegadaian salah satu fasilitas pinjaman yang ditujukan nasabah yang memiliki bisnis usaha produktif lewat akad Rahn atau Gadai Syariah tanpa perlu jaminan.

BACA JUGA:Emas Patah Ternyata Masih Bisa Digadaikan di Pegadaian, Ini Syarat-syarat yang Harus Dipenuhi

Syarat Mengajukan KUR Syariah Pegadaian

Untuk meminjam uang di Pegadaian tanpa jaminan KUR Syariah tentu kita perlu memenuhi persyaratan terlebih dahulu. Salah satu ketentuannya harus sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk.

Persyaratan lainnya, usia saat mengajukan KUR Syariah Pegadaian minimal 16 tahun dan maksimal 55 tahun. Tidak lupa mempunyai penghasilan tetap baik harian, bulanan atau bulanan dan memiliki rumah tinggal tetap.

Hal yang tidak boleh dilupakan nasabah saat ingin pinjam uang di KUR Syariah Pegadaian adalah memiliki Surat Keterangan Usaha yang berlaku. Persyaratan lain yang perlu mendapat perhatian yakni nasabah tidak sedang mendapat fasilitas bantuan atau lembaga lainnya ketika mengajukan KUR Syariah Pegadaian.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan fotokopi KK, fotokopi surat nikah bagi nasabah yang sudah menikah kemudian surat keterangan usaha.

BACA JUGA:3 Keuntungan Gadai Pegadaian, Salah Satunya Tak Ditagih Jika Belum Sanggup Melunasi Utangnya

Limit pinjaman Rp1 juta sampai Rp10 juta                    

Hal menarik dari pinjam uang di Pegadaian tanpa jaminan KUR Syariah terletak pada limit pinjaman mulai dari Rp1 juta sampai Rp10 juta.Jumlah limit pinjaman tersebut cocok bagi nasabah yang membutuhkan dana untuk modal usaha tetapi belum mempunyai aset dijadikan jaminan.

Tenor pinjaman fleksibel

Tidak hanya limit pinjaman bervariasi tetapi masalah tenor pinjaman lebih fleksibel dari perbankan. Dengan kata lain waktu pembayaran cicilan utang KUR Syariah Pegadaian beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah.

Artinya dalam pelaksanaannya tidak ada unsur riba dalam transaksi kemudian sebagai gantinya adalah sistem bagi hasil atau akad-akad syariah. Hal ini berbeda dengan jenis KUR Konvensional, KUR Syariah Pegadaian yang fokus pada bagi hasil dalam menentukan besaran keuntungan Pegadaian Syariah.

Di samping tenor limit pinjaman perlu diketahui adalah tenor waktu pinjaman fleksibel mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan hingga 36 bulan.

BACA JUGA:Gadai Motor di Pegadaian Bisa Jadi Solusi, Jumlah Pinjaman Lebih Bervariasi daripada Utang Pinjol

Cara Ajukan KUR Syariah Pegadaian

Lantas bagaimana cara mengajukan KUR Syariah Pegadaian? Hal yang terlebih dahulu dipersiapkan adalah dokumen persyaratan sesuai yang dibutuhkan. Kemudian datang ke kantor unit Pegadaian terdekat.

Sesampainya di outlet, serahkan dokumen dan nanti akan diberi formulir terus isi formulir secara benar. Kemudian serahkan kembali dokumen selanjutnya dokumen diverifikasi oleh tim mikro Pegadaian.

Tunggu sampai memperoleh persetujuan dari pihak Pegadaian dan sampai di sini proses pengajuan KUR Syariah Pegadaian sudah selesai tinggal menunggu pengumuman persetujuan.

Kesimpulan                                    

KUR Syariah Pegadaian menjadi salah satu solusi alternatif terbaik di saat modal kurang tetapi tidak memiliki jaminan. Limit pinjaman bervariasi mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta.

BACA JUGA:Gadai BPKB Motor di Pegadaian, Kenali Kelebihannya daripada Pinjam Uang lewat Pinjol

Pembayaran utang cicilan setiap bulan tidak lagi pokok utang beserta bunganya seperti pinjol atau bank konvensional tetapi sistem bagi hasil atau akad-akad syariah.

Hal ini berbeda dengan jenis KUR Konvensional, KUR Syariah Pegadaian fokus pada bagi hasil dalam menentukan besaran keuntungan Pegadaian Syariah.

Demikian informasi terkait pinjam uang di Pegadaian. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: