KAI Siapkan 33 Kereta Api Selama Natal dan Tahun Baru, Tiketnya Sudah Bisa Dipesan

KAI Siapkan 33 Kereta Api Selama Natal dan Tahun Baru, Tiketnya Sudah Bisa Dipesan

Ilustrasi kereta api angkutan Natal dan Tahun Baru Daop IV Semarang--

RADAR TEGAL - PT KAI Daop IV Semarang menyiapkan puluhan kereta api yang akan beroperasi selama masa libur Natal dan Tahun Baru mendatang. Saat ini, tiket perjalanan untuk masa angkutan tersebut sudah bisa dipesan masyarakat.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan tiket kereta api untuk periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sudah bisa dipesan. Saat ini, masih tersedia cukup banyak dengan okupansi 10 persen hingga Jumat, 24 November 2023 kemarin.

"Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. Kami menyarankan kepada masyarakat yang akan berlibur menggunakan transportasi Kereta Api dapat segera memesan tiket karena masih cukup banyak tersedia,”katanya.

Menurut Franoto, selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru, pihaknya menyiapkan 33 kereta api reguler per harinya. Terdiri dari 29 kereta jarak jauh dan 4 lokal mulai 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

BACA JUGA:Guys, Tiket Kereta Api untuk Libur Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Dipesan Loh

Sejauh ini, kata Franoto, ada beberapa rute favorit untuk angkutan Nataru. Di antaranya kereta Argo Muria relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Gambir pp, Argo Sindoro Semarang Tawang Bank Jateng - Gambir pp.

"Kemudian, ada KA Tawang Jaya Premium relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Pasar Senen pp dan Tawang Jaya relasi Semarang Poncol - Pasar Senen. Serta KA Ambarawa Ekspress relasi Semarang Poncol - Surabaya Pasarturi pp,"ujarnya.

Franoto menyebutkan, pihaknya memprediksi puncak naik turun penumpang datang atau pun turun di stasiun-stasiun wilayah Daop 4 Semarang akan terjadi pada Jumat 22 Desember 2023. Sementara, untuk penumpang naik pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru, akan terjadi pada 1 Januari 2024, berdasarkan pantauan Jumat kemarin. 

"Sementara untuk volume penumpang yang naik menggunakan kereta selama angkutan Natal dan Tahun Baru diprediksi sebanyak 326.042 penumpang. Jumlah tersebut naik 16 persen dibanding periode sebelumnya yang hanya 281.146 penumpang,"tandasnya.

BACA JUGA:Hadapi Natal dan Tahun Baru, Jalur Kereta Api Semarang-Tegal Diperiksa

Franoto menambahkan masyarakat dapat membeli tiket kereta api jarak jauh reguler yang telah tersedia di aplikasi Access by KAI, website, minimarket. Serta seluruh channel pembelian tiket KA mulai H-45.

"Sementara untuk pembelian tiket di loket stasiun hanya tersedia untuk keberangkatan KA mulai 3 jam. KAI berkomitmen untuk menyediakan tiket kereta api secara transparan dan terpercaya bagi seluruh pelanggan,"jelasnya.

Franoto juga menyampaikan guna menangkal praktik percaloan tiket, pihaknya sudah lama menerapkan kebijakan one seat one passenger dan boarding system. Yakni, mewajibkan nama penumpang sesuai antara yang tertera di tiket dan di kartu identitas. 

“KAI juga mengajak masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api untuk pulang kampung, liburan, atau tujuan lainnya. Karena kereta api memiliki banyak keunggulan,"pungkasnya. (*)

Sumber: