Wawalkot Tegal Buka Pertemuan Besar Pelatih Pembina Pramuka

Wawalkot Tegal Buka Pertemuan Besar Pelatih Pembina Pramuka

Wawalkot Tegal buka pertemuan besar pelatih pembina Pramuka atau Pitaran--

RADAR TEGAL - Sejumlah pelatih pembina Pramuka mengikuti kegiatan Pitaran yang diselenggarakan selama 2 hari di Bumi Perkemahan Martoloyo. Kegiatan, dibuka secara langsung Wakil Walikota (Wawalkot) Tegal Muhammad Jumadi, Sabtu 18 November 2024.

Pitaran sendiri merupakan pertemuan besar pelatih pembina Pramuka dalam rangka bertukar pengalaman juga meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan dan kreativitas. Selain itu, juga bentuk pertemuan anggota dewasa serta upaya menjaga kinerja dari dalam tugas dan fungsi masing-masing.

Dalam sambutannya, Muhammad Jumadi mengatakan kegiatan tersebut difasilitasi para pelatih Pembina pramuka yang berkualifikasi. Adapun tujuannya, yakni untuk meningkatkan kapasitas.

"Kegiatan ini, sebenarnya untuk meningkatkan kapasitas pelatih Pembina pramuka. Dalam hal manajemen kepelatihan, metodologi, psikologi terapan, ketrampilan informasi teknologi, menginovasi dan mengimprovisasi bahan latihan serta ketrampilan juga kecakapan pelatih,"katanya.

BACA JUGA:Anggota Pramuka di Tegal Ikuti Sarasehan P4GN dan Nela Negara

Menurut Jumadi, pihaknya berpesan kepada para peserta untuk meningkatkan kompetensi sebagai pelatih. Sehingga ke depan para pembina di Kwarcab Kota Tegal memiliki bekal pengetahuan pramuka yang cukup.

"Sehingga, ketika ada kendala yang dihadapi para pelatih, harus diselesaikan secara bersama-sama. Karenanya, saya mengapresiasi kegiatan pitaran pelatih pramuka ini,"ujarnya.

Selanjutnya, Jumadi juga memberikan semangat kepada para peserta untuk terus memandu. Serta berharap ada program yang berkelanjutan.

Sementara Ketua Fasilitator Revonda Andestiadi mengatakan, kegiatan pertemuan besar pelatih pembina Pramuka disampaikan berbagai materi. Antara lain pembinaan pramuka dewasa, kebijakan pusdiklat dan sarasehan hasil pitaran pelatih tingkat Kwarda Jawa Tengah.

BACA JUGA: Gandeng Radar Tegal, 70 Anggota Pramuka SMP Negeri 9 Kota Tegal Belajar Jurnalistik

"Selain itu, juga materi pengembangan diri dan motivasi pelatih, inovasi manajemen outdoor game. Adapun kegiatan ini diikuti oleh 25 orang pelatih,"pungkasnya. (*)

Sumber: