Mitos Gunung Tidar yang Terkenal di Kalangan Warga, Konon Terdapat Sumur Sepuh yang Keramat

Mitos Gunung Tidar yang Terkenal di Kalangan Warga, Konon Terdapat Sumur Sepuh yang Keramat

Mitos Gunung Tidar yang Terkenal di Kalangan Warga, Konon Terdapat Sumur Sepuh yang Keramat-mitos-radar tegal

RADAR TEGAL - Gunung Tidar merupakan salah satu gunung yang terletak di Kota Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah.

Gunung Tidar memiliki sejarah dan budaya yang panjang, dan salah satu hal yang menarik dari gunung ini adalah mitos-mitos yang berkembang di masyarakat.

Salah satu mitos yang paling terkenal tentang Gunung Tidar adalah mitos tentang adanya sarang burung garuda di puncak gunung. Mitos ini dipercaya oleh masyarakat setempat sejak zaman dahulu.

Menurut mitos tersebut, burung garuda tersebut merupakan penjaga Gunung Tidar dan merupakan jelmaan dari Raja Jawa.

BACA JUGA:5 Mitos Gunung Merbabu yang Jarang Diketahui, Konon Terdapat Makhluk Tinggi Besar yang Berkeliaran

BACA JUGA:Statusnya Naik Waspada, Berikut 4 Mitos Gunung Slamet yang Orang Jawa Harus Tahu

Mitos lain yang juga terkenal tentang Gunung Tidar adalah mitos tentang adanya tujuh sumur keramat yang tersebar di sekitar gunung.

Sumur-sumur tersebut dipercaya memiliki khasiat tertentu, seperti sumur yang dapat menyembuhkan penyakit, sumur yang dapat mengabulkan permohonan, dan sumur yang dapat membuat orang menjadi awet muda.

Selain itu, Gunung Tidar juga dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para leluhur bangsa Jawa. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, para leluhur tersebut akan selalu menjaga dan melindungi Gunung Tidar.

Kepercayaan Masyarakat

Mitos-mitos tentang Gunung Tidar masih dipercaya oleh masyarakat setempat hingga saat ini. Banyak masyarakat yang datang ke Gunung Tidar untuk berziarah atau sekedar untuk berdoa.

BACA JUGA:Mitos Gunung Slamet yang Bikin Bulu Kuduk Merinding, Mulai dari Tempat Para Dewa hingga Ramalan Jayabaya

BACA JUGA:Bikin Merinding! Ini 4 Mitos Gunung Slamet Via Guci yang Katanya Bisa Belah Pulau Jawa, Benarkah?

Masyarakat percaya bahwa dengan berziarah atau berdoa di Gunung Tidar, mereka akan mendapatkan berkah dan perlindungan dari para leluhur.

Sumber: