Kapasitas Pelabuhan Tegal Overload, Danlanal Bilang Begini

Kapasitas Pelabuhan Tegal Overload, Danlanal Bilang Begini

Coffee morning membahas kapasitas pelabuhan Tegal yang sudah overload--

RADAR TEGAL - Kapasitas pelabuhan Tegal yang sudah overload, rawan menimbulkan berbagai persoalan. Karenanya, perlu upaya bersama untuk menjaga ketertiban dan keamanan di sana.

Itu, disampaikan Danlanal Tegal Letkol Laut (P) Adi Surono saat memberikan sambutan dalam acara coffee morning, Jumat 17 November 2023 pagi. Dalam kegiatan yang berlangsung di Mako Lanal itu dibahas terkait ketertiban dan keamanan kapal-kapal nelayan serta kawasan pelabuhan juga penertiban alur keluar masuk kapal.

Pada kesempatan itu, Danlanal Tegal juga mengajak agar semua pihak menjaga wilayah laut agar bersih dan rapi. Karena merupakan rumah dan tempat untuk mencari rejeki. 

"Karenanya, perlu dibentuk tim patroli dengan unsur maritim. Tidak hanya TNI-POLRI, saja tetapi dari instansi terkait, pemilik kapal, nelayan maupun dari galangan untuk bersama-sama menjaga ketertiban kawasan pelabuhan Tegal,"katanya.

BACA JUGA:Kepadatan Kapal yang Parkir di Pelabuhan Tegal Bikin Api Cepat Menjalar dan Sulit Dipadamkan

Danlanal mengungkapkan, kapasitas pelabuhan Tegal sebenarnya sudah overload dalam menampung kapal kapal nelayan. Sehingga, bisa rawan menimbulkan permasalahan serius, apabila tidak segera ditertibkan. 

"Bencana yang terjadi beberapa waktu lalu harus dijadikan pelajaran. Agar kita semua sadar akan pentingnya menjaga keselamatan,"ujarnya.

Danlanal menambahkan, pihaknya sengaja menggelar kegiatan coffee morning dengan harapan ada aksi lanjutan dari stakeholder terkait. Utamanya, dalam penanganan penertiban kawasan pelabuhan Tegal. 

"Untuk itu mari kita bersama jalin komunikasi, koordinasi, kerjasama dan silaturahmi. Guna menciptakan kawasan pelabuhan yang aman dan nyaman,"pungkasnya. (*)

Sumber: