Polisi Amankan Pawai Kendaraan Parpol Peserta Pemilu 2024 di Tegal

Polisi Amankan Pawai Kendaraan Parpol Peserta Pemilu 2024 di Tegal

Pengamanan pawai kendaraan Parpol Peserta Pemilu 2024 di Tegal--

RADAR TEGAL - Jalannya pawai kendaraan Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2024 di Kota Tegal pada Rabu 15 November 2023 siang berlangsung aman. Itu, tidak lepas dari pengamanan yang dilakukan jajaran Kepolisian setempat.

Pawai kendaraan parpol peserta Pemilu 2024 itu sendiri dilepas secara langsung Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono. Dengan mengambil rute GOR Wisanggeni dan berakhir di Alun-alun Tegal.

Kegiatan pawai Parpol peserta Pemilu 2024 itu merupakan rangkaian kirab yang dilaksanakan sejak 11 November 2023 lalu. Tujuannya, mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu 2024 kepada masyarakat luas.  

Kabag Ops Polres Tegal Kota Kompol Tuhirman mengatakan untuk pengamanan pawai kendaraan Parpol Peserta Pemilu 2024 itu pihaknya menerjunkan sekitar 135 personelnya. Mereka ditempatkan di sejumlah titik, yakni lokasi Start, finish maupun pada penggal jalan. 

BACA JUGA:17 Parpol di Brebes Deklarasi Pemilu Damai, Ini 6 Poin yang Dideklarasikan

"Para personel kita tempatkan mulai dari Start di GOR Wisanggeni. Hingga, pada penggal-penggal jalan sepanjang route kegiatan kirab,"katanya.

Menurut Kompol Tuhirman, kegiatan pawai tersebut merupakan rangkaian tahapan Pemilu 2024. Sehingga, pihaknya berkewajiban mengamankannya karena merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata 2023-2024.

"Karena, dalam pelaksanaan pawai kendaraan parpol peserta Pemilu 2024, kita sudah turunkan personel. Yang tergabung dalam Operasi Mantap Brata untuk melakukan pengamanan,"jelasnya.

Selanjutnya, kata Kompol Tuhirman, pihaknya berharap masyarakat dapat mengikuti dengan baik kegiatan-kegiatan sosialisasi Pemilu 2024. Sehingga dapat memahami ada berapa parpol yang ikut berkontestasi.

BACA JUGA:Dari Purbalingga, Kirab Pemilu 2024 Bakal Berlanjut di Kota Tegal, Ini Jadwalnya

"Termasuk bagaimana mekanisme dalam Pemilu serentak yang akan datang. Karena, Pemilu 2024 akan terselenggara secara serentak, baik Pileg maupun Pilpres,"pungkasnya. (*)

Sumber: