Lampu Indikator Bensin Nyala, Seberapa Jauh Mobil Masih Bisa Berjalan?

Lampu Indikator Bensin Nyala, Seberapa Jauh Mobil Masih Bisa Berjalan?

Lampu Indikator Bensin Nyala, Seberapa Jauh Mobil Masih Bisa Berjalan? -pixabay.com/no-longer-here-pixabay.com/no-longer-here

RADAR TEGAL - Apakah Anda pernah melihat lampu indikator bensin nyala? Pasti terpikir di benak Anda kira-kira berapa kilometer mobil dapat berjalan? Simak selengkapnya di sini!

Ketika Anda berkendara lalu melihat lampu indikator bensin mobil menyala tentu sangat mengkhawatirkan. Ditambah lagi posisi SPBU yang belum terlihat dekatnya.

Dengan demikian, lampu indikator bensin yang menyala perlu diwaspadai karena berdampak pada laju tempuh kendaraan Anda. Anda juga harus segera mencari SPBU terdekat untuk melakukan isi bensin dan melanjutkan perjalanan Anda.

Meski terkadang membuat panik dan khawatir, tetapi jika lampu indikator bensin menyala Anda harus tetap tenang dan mencari SPBU terdekat. Anda bisa mencari SPBU terdekat melalui mesin pencari yang ada di smartphone dengan meminggirkan mobil terlebih dahulu.

BACA JUGA:Berapa Kilometer Baru Ganti Filter Bensin Mobil? Begini Penjelasan dan Cara Ganti Sendiri di Rumah

Faktor yang mempengaruhi jarak tempuh

  • Tingkat konsumsi bahan bakar kendaraan Anda 

Bergantung pada berbagai faktor, termasuk ukuran mesin, bobot, desain aerodinamis, dan efisiensi mesin. Tingkat konsumsi bahan bakar kendaraan Anda adalah salah satu faktor utama yang memengaruhi jarak yang dapat ditempuh kendaraan Anda .

Pengaruh tersebut menyebabkan lampu indikator bensin nyala. Mobil yang menggunakan lebih sedikit bensin akan dapat menempuh jarak lebih jauh.

  • Ukuran tangki bahan bakar

Ukuran tangki bahan bakar mobil Anda memengaruhi jarak yang dapat ditempuh saat lampu indikator bensin nyala. Mobil dengan tangki bahan bakar yang lebih besar dapat menyimpan lebih banyak bensin, sehingga dapat menempuh lebih jauh saat tangki hampir kosong.

  • Kualitas dan tipe bensin

Tipe bensin yang digunakan juga dapat memengaruhi jarak yang dapat ditempuh. Bensin dengan oktan yang lebih tinggi cenderung lebih efisien dan dapat menempuh jarak yang lebih jauh.

BACA JUGA:Berapa Kilometer Baru Ganti Filter Bensin Mobil? Begini Penjelasan dan Cara Ganti Sendiri di Rumah

Selain itu, beberapa kendaraan mungkin memiliki rekomendasi atau persyaratan khusus tentang tipe bensin yang sebaiknya digunakan.

  • Kondisi jalan dan gaya berkendara

Kondisi jalan dan cara Anda berkendara memengaruhi seberapa jauh mobil Anda dapat berjalan setelah lampu indikator bensin nyala. Berkendara di jalan yang macet, di bukit, atau dengan kecepatan tinggi akan mengonsumsi lebih banyak bensin .

Sedangkan berkendara di jalan yang lancar dan dengan kecepatan stabil tentunya lebih mengirit bensin. Gaya berkendara seperti pengereman dan percepatan yang tiba-tiba, dapat menyebabkan bahan bakar menjadi lebih boros.

  • Usia dan kondisi kendaraan berpengaruh

Sumber: