Setahun Dinyalakan, Ini Keunggulan TV Digital dengan Analog

Setahun Dinyalakan, Ini Keunggulan TV Digital dengan Analog

Sekretaris Dinas Kominfo Kota Tegal menyampaikan keunggulan TV digital dibandingkan analog--

RADAR TEGAL - Tak terasa ternyata sudah setahun Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memulai penerapan TV Digital dan mematikan siaran Analog. Tujuannya, agar masyarakat dapat menikmati siaran yang berkualitas.

Sebab, ada beberapa keunggulan TV digital dibandingkan analog. Selain, kualitas gambarnya yang jernih, ada keunggulan lain yang bisa masyarakat nikmati.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tegal Daryati mengatakan 2 November 2023, tepat satu tahun pasca dimatikannya analog dan beralih ke TV digital. Hal itu, sesuai dengan Undang-Undang 11/2020 tentang Cipta Kerja, siaran televisi di wilayah NKRI dialihkan ke sistem digital.

"Jadi saat ini sudah tepat setahun peralihan itu. Mendasari UU 11/2020 tentang Cipta Kerja, Siaran Televisi dialihkan ke digital,"katanya.

BACA JUGA:Besok Kiamat Siaran TV Analog di 222 Kabupaten/Kota, Segera Pasang Set Top Box Yuks

Keputusan pemerintah tersebut, kata Daryati, memiliki tujuan yang baik untuk masyarakat. Sebab, dengan menggunakan tv digital, kualitas gambar jadi lebih jelas.

"Resolusi gambar yang dihasilkan semakin tinggi. Dengan kualitas gambar yang lebih bagus, masyarakat akan merasa puas karena bisa melihat gambar dengan jernih,”ujarnya.

Tidak hanya itu, ujar Daryati, TV digital juga dapat memproses sinyal dengan baik. Itu, berbeda dengan analog yang terbatas menerima sinyal melalui antena.

"Kalau dengan analog terbatas pada penerimaan sinyal melalui antena. Sehingga rentan mengalami noise, gangguan, dan distorsi,"ujarnya.

BACA JUGA:Menjelang Peralihan TV Analog ke Digital, Kota Tegal Terima Bantuan 2.139 Set Top Box

Selain itu, kata Daryati, saat menggunakan analog, kualitas gambarnya juga dipengaruhi. cuaca. Jika cuaca sedang buruk, maka kualitas gambarnya pun menjadi kurang bagus.

"Tetapi, dengan menggunakan TV digital, maka tidak terpengaruh dengan kondisi cuaca. Tidak seperti dengan analog,"jelasnya.

Menurut Daryati, sejauh ini sejak penerapan TV digital, pihaknya tidak menerima laporan masalah dari masyarakat. Karenanya, dia meyakini masyarakat sudah memahami kebijakan dari Pemerintah.

"Saya erharap dengan sudah diberlakukannya TV digital, masyarakat dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik. Serta bisa memilih mana tontonan yang baik,"pungkasnya.

Sumber: