Mantap! SMPN 4 Adiwerna Tegal Juara Umum Jamran Adiwerna 2023

Mantap! SMPN 4 Adiwerna Tegal Juara Umum Jamran Adiwerna 2023

Kontingen SMPN 4 Adiwrrna menunjukan tropi yang diraih dalam Jamran Adiwrrna 2023.-Istimewa -

RADAR TEGAL - SMPN 4 Adiwerna Kabupaten Tegal berhasil menjadi juara umum Jambore Ranting (Jamran) Adiwerna 2023. Itu setelah SMPN 4 Adiwerna berhasil memenangi 5 kegiatan dalam agenda dua tahunan Kwarran Adiwerna.

Kegiatan Jamran diadakan untuk ajang pertemuan Pramuka Penggalang di lingkungan Kwarran. Kegiatan Jambore Ranting kali ini diadakan di lapangan Kaliwadas, Desa Kaliwadas Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal dimulai sejak hari Selasa, 29 Agustus dan berakhir 31 Agustus 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh 129 regu penggalang SD/MI dan 18 regu penggalang SMP/MTs. Kegiatan terbagi menjadi 3 macam, yaitu giat umum, giat prestasi dan giat pengembangan.

Pada Jamran Adiwerna 2023, tema yang diusung Draw Your Dream. Pramuka penggalang se-Kecamatan Adiwerna bersama-sama menggambarkan mimpinya melalui berbagai kegiatan.

BACA JUGA:Tok! Disdikbud Kabupaten Tegal Resmi Terapkan Muatan Lokal Budaya Daerah di Tahun Ajaran 2024-2025

Dari sejumlah kegiatan yang diikuti, SMPN4 Adiwerna berhasil menorehkan prestasi dengan memenangi 5 kegiatan. Yakni juara 1 giat pentas seni budaya, juara 1 K3 Pertendaan Putra, juara 1 K3 Pertendaan Putri, juara 2 giat Pionering Putra dan juara 3 giat pioneering Putri.

Dari akumulasi kejuaraan yang diperoleh, maka SMPN 4 Adiwerna berhasil memperoleh predikat sebagai juara umum Jambore Ranting Adiwerna tahun 2023 untuk kategori peserta penggalang SMP.

Upacara penutupan Jambore Ranting Adiwerna dilakukan oleh Samiun selaku Ketua Mabiran Adiwerna. Dalam sambutannya, Samiun menyampaikan, bangga dan senang karena selama kegiatan jambore ada dinamika serta proses organisasi. Selain itu, semua acara berjalan dengan baik dan lancar.

"Patut diingat bahwa gerakan pramuka adalah sebuah gerakan organisasi pendidikan yang di dalamnya ada kode kehormatan pramuka. Yaitu Dasa Darma yang jika diamalkan maka akan menjadi pribadi yang luar biasa, dan berkarakter Pancasila," jelas Samiun.

BACA JUGA:250 Siswa PKBM Ikut Jambore Pendidikan Kesetaraan, Kemah 2 Hari di Lapangan Dukuhwringin Kabupaten Tegal

Sementara Kepala SMP Negeri 4 Adiwerna, Koko S.Pd. MMPd menjelaskan bahwa keberhasilan memperoleh kejuaraan bukanlah semata-mata hal kebetulan. Tetapi merupakan proses panjang yang telah dilalui Pramuka SMP Negeri 4 Adiwerna sejak lama. 

"Latihan rutin, disiplin, dan keinginan besar untuk selalu berkembang menjadi lebih baik, itulah yang selalu menjadi motivasi, serta dukungan seluruh pihak dalam mensukseskan sebuah kegiatan," ungkap Koko menanggapi prestasi yang diraih sekolah dan anak didiknya. (adv).

Sumber: