Program P5 SMPN 3 Margasari Tegal, Siswa Digembleng Fisik dan Sumpah Karate

Program P5 SMPN 3 Margasari Tegal, Siswa Digembleng Fisik dan Sumpah Karate

Warga DMPN3 Margasari antusias mengikuti giat P5 berkarate di halaman sekolah.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL -  Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang digulirkan di SMPN 3 Margasari Kabupaten Tegal kali in imengusung tema 'bangunlah jiwa dan raganya'. Implementasinya dengan pemberian materi spentigma berkarate.

Kepala SMPN 3 Margasari Drs Sucipto menyatakan tujuan utama penanaman karakter merujuk pada nilai-nilai yang terkandung dalam sumpah karate.

"Kelima point tersebut diantaranya sanggup memelihara kepribadian, sanggup patuh pada kejuaraan, sanggup mempertinggi prestasi, sanggup menjaga sopan santun, dan sanggup menguasai diri," ujarnya Rabu 1 November 2023.

Menurutnya kegiatan diikuti oleh seluruh siswa kelas 8 dan seluruh siswa kelas 7 dengan menghadirkan narasumber atau pelatih dari MSH INKAI Cabang Kabupaten Tegal yang berjumlah 5 orang.

BACA JUGA:Laksanakan Program P5 Kurikulum Merdeka, SMPN 2 Suradadi Buat Batik Ciprat

BACA JUGA:Ternyata Ini Keistimewaan Kegiatan P5 SMK YPT Tegal hingga Ditinjau Langsung Dinkop UMKM Jateng

"Dan saya sendiri juga terjun sebagai pemberi narasumber, mengingat saya juga karateka dan 1 orang tenaga administrasi sekolah SMPN 3 Margasari yang juga karateka," cetusnya.

Cipto menyatakan selain penanaman karakter, siswa juga diwajibkan untuk mempelajari dan bisa melakukan gerakan Kata atau jurus. Dalam hal ini Kata 1, yang disebut Heian Sodan.

"Kegiatan dilaksanakan selama 1 minggu dan diakhiri dengan gelar karya yang menampilkan hafalan sumpah karate. Serta melakukan gerakan Kata 1 atau heian sodan, dengan disaksikan oleh seluruh warga sekolah dan wali murid dalam hal ini  anggota komite sekolah ," ungkapnya. (adv)

Sumber: